Polisi gelar rekonstruksi aksi teroris di Solo

Rabu, 03 April 2013 - 12:12 WIB
Polisi gelar rekonstruksi...
Polisi gelar rekonstruksi aksi teroris di Solo
A A A
Sindonews.com - Tim Densus 88 Mabes Polri hari ini menjalani sejumlah rangkaian rekonstruksi aksi penyerangan terduga teroris ke sejumlah pos polisi di kota Solo, Jawa Tengah.

Rekonstruksi dilakukan di salah satu pos polisi yang diserang, yakni Posko Lebaran yang terletak di Simpang Empat, Gemblegan. Polisi menghadirkan tersangka teroris, Bayu Setiyono dan Firman Firmansyah.

Sementara, tersangka teroris lain, Farhan, perannya digantikan oleh anggota polisi. Pasalnya Farhan tewas dalam tembak menembak dengan anggota kepolisian saat itu.

Dalam reka ulang yang dimulai sejak pagi tadi, Rabu (3/4/2013), Bayu Setiyono dan Farhan bertindak sebagai eksekutor. Sementara Firman Firmansyah bertugas mengawasi lokasi target.

Reka ulang ini mengungkap peran ketiga tersangka teroris. Sebelum aksi penembakan, Firman dan Farhan berboncengan melintas di perempatan untuk memastikan target. Kemudian Firman kembali seorang diri dan memantau di sekira 10 meter dari lokasi target.

Eksekutor penyerangan ini dilakukan oleh Farhan dan Bayu Setiyono. Aksi penembakan ke Posko Lebaran yang dijaga delapan personel polisi ini, dilakukan dengan tiga tahap. Pertama dari arah kanan pos, bagian depan, dan arah kiri.

Usai melakukan penyerangan, kedua eksekutor langsung melarikan diri ke arah utara. Sementara Firman yang melakukan pemantauan 10 meter dari lokasi target, kabur ke arah timur setelah memastikan aksi rekannya berjalan sesuai rencana.

Rangkaian rekonstruksi ini merupakan satu dari beberapa rangkaian rekonstruksi yang juga dilakukan di wilayah lain, seperti Cemani dan Karanganyar.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)