Sipir LP Cebongan tak siap serangan dari luar

Selasa, 02 April 2013 - 19:53 WIB
Sipir LP Cebongan tak...
Sipir LP Cebongan tak siap serangan dari luar
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkum HAM), Denny Indrayana mengakui jika petugas sipir di lembaga pemasyarakatan (LP) tidak disiapkan secara khusus untuk mendapatkan serangan keamanan dari luar, khusunya LP Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

Kendati demikian, dirinya mengklaim jika LP Cebongan yang menjadi lokasi penyerangan orang tak dikenal sudah sesuai prosedur keamanan yang diterapkan.

"Kalau di dalam memang sipir kami, tapi begitu ada pengamanan atas serangan dari luar itu ada kerjasama sebagaimana di luar, keamanan dan ketertiban polisi, kalau pertahanan itu dari TNI jadi ada lapisan-lapisan," jelas Denny kepada wartawan Gedung Kemenkum HAM, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2013).

Lebih lanjut dia, LP di Indonesia memang berkonsentrasi mengurus keamanan di dalam lokasi penahanan. Sementara untuk di luar biasa mereka berkoordinasi dengan aparat keamanan lainnya seperti kepolisian dan TNI.

"Itu lapis pengamanan di luar dan karena itu kepala LP sudah berkordinasi dengan Kepolisian. Bahkan polisi juga sudah berkordinasi dengan TNI," jelasnya.

Mengomentari tidak adanya pengamanan dari luar saat diprediksi bahwa empat tahanan LP Cebongan membutuhkan penjagaan lebih dirinya berdalih bahwa pelaku penyerangan lebih siap untuk melakukan eksekusi.

"Kemarin penyerangan terjadi bukan berati tidak adanya pengamanan. Ya penyerangnya saja lebih siap," tuntasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)