Ganjar: Rakyat Jateng pilih saya karena mirip Jokowi

Senin, 27 Mei 2013 - 07:00 WIB
Ganjar: Rakyat Jateng...
Ganjar: Rakyat Jateng pilih saya karena mirip Jokowi
A A A
Sindonews.com - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bisa sedikit bernafas lega setelah sejumlah lembaga perhitungan cepat menyatakan dirinya mengungguli dua kandidat lainnya dalam Pemilihan Gubernur Jateng.

Menurutnya keberhasilannya menoreh kesuksesan tak lain merupakan berkat analisa dan pembelajarannya terhadap keberhasilan serta kegagalan rekan-rekannya saat bertarung dalam Pilkada di wilayah lain, seperti Joko Widodo (Jokowi) di DKI Jakarta dan Rieke Diah Pitaloka di Jawa Barat.

"Kemenangan ini hasil berkaca dari rekan-rekan saya, baik Jokowi dan Rieke. Saya banyak belajar dari mereka. Setiap daerah kan berbeda-beda. Namun yang pasti, berdasarkan action polling, masyarakat Jawa Tengah ternyata sangat mendambakan perubahan," jelas Ganjar Pranowo kepada Sindonews, Senin (27/5/2013).

Ganjar sendiri tak malu-malu menyebut sosok Jokowi menjadi pembawa hoki dalam pemenangannya di Pilkada Jateng. Menurutnya, ada banyak kesamaan Jokowi dengan dirinya hingga akhirnya menjadi salah satu pertimbangan masyarakat Jateng untuk memilih dirinya.

"Saya disebut memiliki keahlian merangkul masyarakat, easy going, suka blusukan, sederhana, dan slengeannya juga sama seperti Jokowi. Kami juga sama-sama suka musik rock. "

"Saya disukai masyarakat Jateng karena punya kemiripan dengan Jokowi. Itulah yang membuat antusiasme pemilih di Jawa Tengah ke saya cukup tinggi," sambung ayah satu anak ini.

Meski begitu dirinya tak akan sepenuhnya meniru apa yang dilakukan Jokowi dalam membuat gebrakan nantinya. Karena, setiap daerah dikatakannya memiliki kultur yang berbeda-beda.

"Yang pasti saya akan tetap menyatu dengan rakyat. Tidak mesti dengan cara yang dilakukan Jokowi," jelasnya.

Prioritas utama yang akan dilakukannya di Jawa Tengah adalah, problem basis perekonomian yang selama ini disebutnya terpuruk.

Menurutnya, membangun Jawa Tengah dengan basis ekonomi rakyat dan kedaulatan pangan untuk menanggulangi kemiskinan dan pengangguran adalah hal yang mendesak untuk segera diwujudkan.

Ganjar juga mengaku mendapatkan pesan dari kedua orang tuanya setelah banyak disebut media berhasil memenangkan pertarungan politik di Jateng.

"Iya ibu saya tadi berpesan agar jangan sekali-kali untuk tidak korupsi. Sementara ayah saya yang sudah sepuh berbisik: ini merah putih untuk republikmu," jelasnya seraya menirukan ucapan kedua orang tuanya.

Berikut biodata Ganjar Pranowo yang berhasil dihimpun Sindonews:

Nama: Ganjar Pranowo
Kelahiran: Karanganyar, 28 Oktober 1968
Agama: Islam
Pekerjaan: Anggota DPR RI Fraksi PDI P dan Konsultan SDM di PT Prastawana Karya Samitra
Istri: Siti Atikoh Supriyanti
Pendidikan: SD Kutoarjo, Jawa Tengah, SMP 1 Kutoarjo, Jawa Tengah, SMA BOPKRI, Yogyakarta. Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta.
Organisasi: Pramuka, Mapala FH UGM, Majalah Mahasiswa Kagama (UGM).
Hobi: Dengar musik rock seperti Metallica dan Led Zepellin.Dream Theater, Metallica, dan Led Zeppelin

Sumber: http://www.tokohindonesia.com/biografi/article/286-direktori/4143-cagub-jawa-tengah-2013-2018
Copyright © tokohindonesia.comDream Theater, Metallica, dan Led Zeppelin

Sumber: http://www.tokohindonesia.com/biografi/article/286-direktori/4143-cagub-jawa-tengah-2013-2018
Copyright © tokohindonesia.com
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)