Antrian pengunjung Borobudur membludak

Sabtu, 25 Mei 2013 - 19:37 WIB
Antrian pengunjung Borobudur membludak
Antrian pengunjung Borobudur membludak
A A A
Sindonews.com - Antrian pengunjung yang ingin melihat puncak perayaan Trisuci Waisak 2557 di Candi Borobudur tidak berlangsung lancar. Kebijakan panitia untuk menerapkan tiket masuk justru menyebabkan penumpukan pengunjung di pintu gerbang utama Manohara.

Berdasarkan pengamatan langsung, antrian pengunjung yang ingin melihat puncak perayaan hari raya umat Buddha, dengan menerbangkan sekitar 1.000 lampion ke udara, sudah berlangsung sejak pukul 17.00 wib.

Tumpukan wisatawan baik domestik dan internasional semakin memuncak dua puluh menit kemudian. Kondisi pun semakin diperparah dengan jalanan yang tidak ditutup, menyebabkan mobil dan motor yang lalu lalang dari kiri dan kanan terpaksa antri.

Hujan yang perlahan turun pun membuat pengujung bersorak dan meminta petugas membuka pintu. "Buka, buka, buka," seru pengunjung kompak, di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (22/5/2013).

Hendy seorang polisi yang berjaga mengatur lalu lintas tampak kewalahan. "Tahun lalu langsung masuk semua, ini tidak tahu kesepakatan panitia seperti apa," ungkapnya.

Sekira pukul 17.50 WIB pengunjung mulai diperkenankan masuk. Tidak pasti dialog yang dilakukan tapi akhirnya pengunjung diperkenankan masuk tanpa harus menunjukkan tiket. Suasana yang ramai dan penuk sesak membuat seorang pengunjung meminta agar pintu gerbang dibuka lebih lebar.

"Pak pintunya dibuka saja biar banyak yang masuk," ujarnya. Polisi yang emosi lantas berteriak dan memarahi pengunjung tersebut. "Yang di dalam juga kewalahan, baris kesana!," ujarnya emosi.

Kepadatan juga semakin diperparah karena didalam gerbang pengunjung juga harus antri melewati satu metal detector. Kondisi ini sangat tidak ideal dibandingkan jumlah masyarakat yang membludak mencapai ribuan orang. Hingga pukul 19.00 antrian masih padat namun dalam situasi terkendali.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4361 seconds (0.1#10.140)