Lapak Pasar Klangan berubah jadi kontrakan

Kamis, 21 Maret 2013 - 15:48 WIB
Lapak Pasar Klangan berubah jadi kontrakan
Lapak Pasar Klangan berubah jadi kontrakan
A A A
Sindonews.com - Keberadaan lapak Pasar Kalangan di Kelurahan Muara Kelingi, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura) diduga sekarang dimanfaatkan sebagai lokasi kontrakan. Padahal peruntukannya untuk lokasi berjualan pedagang.

Camat Muara Kelingi, Haidir mengatakan keberadaan mereka yang menempati lapak pasar tidak dapat dilarang. Sebab mereka sudah tinggal di lokasi tersebut puluhan tahun. Pihaknya tidak dapat melarang, sebab kewenangan tersebut ada di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar)

"Mereka tidak bisa dilarang, sebab sudah puluhan tahun tinggal disitu. Namun peruntukan aslinya bukan tempat tinggal melainkan sebagai lapak berjualan," ujar Haidir di kantornya, Kamis (21/3/2013).

Sementara itu, Dedi (28) salah seorang penghuni lapak Pasar Kalangan menjelaskan dirinya telah puluhan tahun menempati lokasi tersebut. Tadinya ia membayar kontrakan per bulan Rp25 ribu dan sekarang per bulannya Rp50 ribu.

"Kami sudah dari tahun 1996 menempati perumahan Pasar Kalangan ini, perhatikanlah kontrakan ini sudah seperti kandang kambing dan tak layak ditempati. Kita membayarnya dengan seseorang yang mengaku orang suruhan dari Kelurahan," jelas dia.

Selain alih fungsi, kondisi Pasar Kalangan Muara Kelingi saat ini memprihatinkan. Banyak bangunanya yang rusak.

"Gimana lagi, memang kita sudah lama tinggal disini. Kalau mau dipindah, kita bayar kok kontrakannya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Mura, Priskodesi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Pasar, Armansyah menegaskan keberadaan Pasar Kalangan di Muara Kelingi bukan wewenang pihaknya. Sebab menurutnya, pasar tersebut kemungkinan milik warga.

"Kalau pasar itu kita tidak tahu, bukan wewenang kami. Kecuali pasar di simopang Semambang. Itu baru wewenang kita," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8029 seconds (0.1#10.140)
pixels