Kawah Timbang bikin warga penasaran

Rabu, 20 Maret 2013 - 13:32 WIB
Kawah Timbang bikin warga penasaran
Kawah Timbang bikin warga penasaran
A A A
Sindonews.com - Bau belerang yang keluar dari Kawah Timbang di Batur, Banjarnegara membuat warga sekitar penasaran. Mereka ramai-ramai mendatangi Pos Pemantauan Gunung Dieng untuk mengetahui kondisi terakhir.

Puluhan warga Desa Sumberejo, Kecamatan Batur mendatangi Pos Pengamatan Simbar yang berjarak satu kilometer dari Kawah Timbang. Mereka ingin melihat langsung aktivitas kawah dan memastikan kondisi terkini.

Jarak luncur yang semakin jauh dan bau belerang yang menyengat cukup menjadi perhatian warga. Kondisi ini tidak membuat warga khawatir, mereka justru penasaran ingin melihat kondisi kawah dari pos pengamatan.

"Saya enggak takut, hanya penasaran seperti apa kawahnya kok baunya cukup menyengat," kata Nurhalimah warga Desa Sumberejo di Pos SImbar, Rabu (20/3/2013).

Sementara, berdasar hasil pengukuran yang dilakuan tim vulkanologi, konsentrasi gas H2S di lokasi pemukiman warga masih dalam batas aman atau di bawah 10 ppm.
Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Tunut Pujiarjo mengimbau agar warga tetap beraktivitas di area aman dan tidak panik dengan bau belerang.

Berdasar pantauan terakhir petugas pengamat gunung api, aktivitas Kawah Timbang masih terus mengeluarkan gas beracun. Namun pada siang hari luncuran gas tidak terlihat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5383 seconds (0.1#10.140)