Penataan PKL masih semrawut

Selasa, 19 Maret 2013 - 16:57 WIB
Penataan PKL masih semrawut
Penataan PKL masih semrawut
A A A
Sindonews.com - Pemerintah kota (Pemkot) Yogyakarta dinilai tidak serius dalam melakukan penataan pedagang kaki lima (PKL). Terbukti hingga sekarang belum semua PKL yang ada di kota ini tersentuh penataan tersebut.

Akibat belum adanya penataan ini, selain tidak ada ketertiban administrasi, juga berdampak secara estetika. Sebab dengan tidak adanya desain untuk penempatan, menyebabkan pemandangan di lokasi PKL semrawut dan kumuh.

Satu lokasi PKL yang belum ada penataan, yakni ada di depan Museum Perjuangan Yogyakarta , tepatnya di Jalan Kolonel Sugiyono, Mergangsan.

Dari pantaun Sindo, PKL yang ada ditempat ini, kebanyakan berusaha di bidang kuliner, dan hanya satu penjual helm. PKL itu tersebar di seluruh area depan museum Perjuangan. Hanya saja tidak semua PKL beroperasi. Terutama yang ada di deretan timur.

Camat Mergangsan Yogyakarta Mardjuki mengakui belum melakukan penataan dan pendataan terhadap PKL yang ada di tempat itu. Belum adanya penataan tersebut bukan tanpa alasan, sebab berdasarkan kesepakatan, untuk adminsitrasi PKL dipasrahkan kepada petugas kampung.

“Walau begitu bukan berarti kami membiarkan masalah tersebut, sebab tetap melakukan koordinasi dengan petugas kampung yang mengurusi PKL di situ,” aku Mardjuki, Selasa (19/3/2013).

Menurut Mardjuki selain tidak mengurusi PKL itu, juga belum ada wacana untuk penataan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan, untuk ketertiban adminstrasi dan masalah teknis lainnya perlu adanya penataan.

Hanya saja untuk ke arah sana, terlebih dahulu harus mengkomunikasikan terlebih dahulu kepada para PKL dan pihak yang terkait dengan persoalan tersebut.

“Sekarang belum ada pemikiran ke arah sana, namun ini perlu dikoordinasikan,” katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4829 seconds (0.1#10.140)