Longsor timbun badan jalan antar kabupaten

Sabtu, 16 Maret 2013 - 04:12 WIB
Longsor timbun badan jalan antar kabupaten
Longsor timbun badan jalan antar kabupaten
A A A
Sindonews.com - Akibat hujan deras yang terjadi dalam dua hari, menyebabkan musibah tanah longsor di wilayah Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Sebuah tebing lima puluh meter yang terletak di Kecamatan Anreapi, Polewali Mandar, Sulawesi Barat kemarin malam, ambruk dan menimbun badan jalan. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun jalur transportasi yang menghubungkan Kabupaten Mamasa dan Polewali Mandar lumpuh total.

Tingginya material longsor sekitar dua puluh meter, membuat jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Kabuaten Polewali Mandar dan Mamasa ini lumpuh. Ratusan kendaraan tujuan Mamasa maupun sebaliknya sejak Jumat petang terjebak di lokasi longsor.

Ratusan kubik material longsor yang jatuh dari atas tebing berupa bebatuan, dan gundukan tanah, serta kayu glondongan membuat proses pembersihan material sulit dilakukan dengan tenaga manusia.

Alat berat yang dibutuhkan untuk mengangkat material lonsoran sendiri, hingga malam ini belum tiba dari Ibu Kota Kabupaten Polewali Mandar, yang berjarak dua puluh kilometer dari lokasi.

Faktor cuaca buruk berupa hujan deras, membuat kondisi tanah labil menyebabkan longsor mudah terjadi. Saat ini tidak kurang dari lima titik longsor menimbun badan jalan, penghubung Kabupaten Polewali Mandar dan Mamasa.

Untuk sementara jalan hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua, sedangkan roda empat dan mobil truk terpaksa tak dapat melanjtkan perjalanan.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun ratusan penumpang terpaksa menginap dilokasi longsor dan menunggu hingga jalan bisa dilalui kembali.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6838 seconds (0.1#10.140)