Pemkab Lahat berencana tambah kolam penampungan

Jum'at, 15 Maret 2013 - 17:52 WIB
Pemkab Lahat berencana tambah kolam penampungan
Pemkab Lahat berencana tambah kolam penampungan
A A A
Sindonews.com - Belum juga kolam retensi yang dibangun di kawasan Lapangan Seganti Setungguan Eks MTQ Lahat rampung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat sudah berencana akan membangun tiga kolam lagi tahun ini.

Sementara untuk kolam retensi di Lapangan Seganti ditargetkan rampung Mei mendatang. Keberadaan kolam ini sendiri nantinya, dirancang menjadi sarana rekreasi warga. Selain itu, dengan keberadaan kolam retensi ini diharapkan mampu mengurangi genangan di Kabupaten Lahat.

Bupati Lahat Saifudin Aswari Rivai menegaskan, jika nantinya kolam tersebut rampung, pemkab masih menargetkan untuk membangun kembali tiga kolam retensi.

"Nantinya air yang berada di Kelurahan Kota Baru, Talang Jawa dan sekitarnya akan ditampung disini (retensi) dulu. Baru akan dilanjutkan ke saluran pembuangan utama," ujar Aswari disela sela peninjauan kolam retensi, Jumat (15/3/2013).

Selain jadi saluran penampungan, kedepan retensi akan dijadikan sarana pariwisata warga. Pihaknya merancang, beberapa lokasi khusus keluarga lengkap dengan mini kafe dan penjaja makanan atau minuman.

"Kita juga akan bangunkan fasilitas olahraga, jogging track. Yang jelas, diharapkan akan membawa manfaat, baik bagi Kodim 0405 Lahat sebagai pengelola, Pemkab serta utamanya masyarakat," ujar Aswari.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya Lahat, Herman Umar menilai untuk idealnya wilayah kota Lahat sendiri, kedepan keberadaan retensi masih dibutuhkan lebih banyak, dan ini akan segera dilakukan survei lapangannya dalam waktu dekat.

"Kita masih butuhkan maksimal tiga lagi titik retensi yang ada. Dikawasan Manggul, Talang Jawa, dan juga Bandar Jaya. Ketiga lokasi itu saat ini tengah di survei," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4633 seconds (0.1#10.140)