Aliran gas beracun mengarah ke arah selatan

Jum'at, 15 Maret 2013 - 11:34 WIB
Aliran gas beracun mengarah ke arah selatan
Aliran gas beracun mengarah ke arah selatan
A A A
Sindonews.com - Kawah Timbang di Pegunungan Dieng, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah masih terus mengeluarkan gas Co2. Pos Pengamatan Gunung Dieng di Kecamatan Batur memantau, aliran gas beracun mengarah ke selatan.

Berdasarkan pantauan yang di lakukan pengamat Gunung Api Dieng, Kawah Timbang masih terus mengeluarkan gas Co2. Dari hasil pengukuran detektor gas, konsentrasi gas co 2 di sekitar kawah mencapai 2,5 persen volume. Melebihi ambang batas normal 0,5 persen volume.

Berdasarkan pengamatan visual tim vulkanologi, luncuran gas co2 masih mengarah ke arah selatan dengan jarak luncur antara 40 hingga 100 meter. Luncuran gas ini menuju ke area lembah dan jauh dari pemukiman.

"Sejauh ini masih aman, luncuran gas beracun tidak menuju ke pemukiman," terang Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Tunut Pujiarso di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Jumat (15/3/2013).

Kendati begitu, petugas relawan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara masih terus berjaga jaga di lokasi dan posko bencana.

Saat ini, kawah timbang masih dalam status waspada dengan radius aman 500 meter dari kawah.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8929 seconds (0.1#10.140)