Gas Kawah Timbang diperiksa tiap 7 jam

Kamis, 14 Maret 2013 - 14:42 WIB
Gas Kawah Timbang diperiksa tiap 7 jam
Gas Kawah Timbang diperiksa tiap 7 jam
A A A
Sindonews.com - Kawah Timbang, Batur, Banjarnegara terus keluarkan gas beracun. Untuk mengetahui kadarnya, petugas vulkanologi melakukan pengecekan gas Co2 di sekitar kawah timbang dengan alat detektor gas multi one secara berkala.

Dalam melakukan pengukuran kadar Co2, tim pengamat gunung api menerjunkan dua personel. Pengecekan dilakukan di empat titik area kawah beracun, dengan jarak 150 meter dari lokasi kawah.

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan aktivitas Kawah Timbang secara fisik dan kadar gas co2 yang keluar setiap tujuh jam. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas sehingga petugas bisa mengantisipasi bahaya sedini mungkin.

"Ada dua petugas yang dikirim memantau Kawah Timbang, mereka dilengkapai dengan peralatan keamanan maksimum," ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Tunut Pujiarjo di Desa Batur, Kamis (14/3/2013).

Berdasarkan pantauan dari Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, alat seismograf menunjukan aktivitas kegempaan disekitar kawah timbang menurun. Sementara konsentrasi gas masih berada pada level 2,4 persen volume atau empat kali lipat melebihi ambang batas normal.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9632 seconds (0.1#10.140)