Tanaman sorgum mulai dikembangkan di Pulau Timor

Kamis, 14 Maret 2013 - 01:00 WIB
Tanaman sorgum mulai dikembangkan di Pulau Timor
Tanaman sorgum mulai dikembangkan di Pulau Timor
A A A
Sindonews.com - Warga di Kecamatan Insana Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), kini bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, salah satu lembaga Pengkajian dan Pengembangan Agroforestry (ELPAF) berencana akan memberi bantuan cuma-cuma bibit sorgum (Jagung Rote) sebanyak 3,9 Ton.

Menurut rencana, untuk tahap awal, bibit sorgum yang didatangkan dari Maros Sulawesi Selatan itu akan diberikan kepada warga tujuh desa di Kecamatan Insana untuk mulai dikembangkan. Hal itu dirasa sebagai langkah positif mengingat iklim daerah pulau Timor yang kering dan sangat cocok dengan jenis tanaman tersebut.

"Kita sudah mulai sosialisasi kepada warga agar menyiapkan lahan secukupnya, kita juga fasilitasi dengan alat pompa air untuk musim kemarau, handtraktor serta embio." terang Direktur ELPAF Ir Frans Taolin, di Kefamenanu, Rabu, 13 Maret 2013.

Taolin menjelaskan, keunggulan sorgum ini bisa dipanen tiga hingga empat kali dalam setahun dibanding tanaman jagung yang hanya bersifat musiman yakni pada musim hujan saja. Bahkan, biji dan batang sorgum diketahui juga memiliki nilai ekonomis.

"kalau biji sorgum bisa untuk bahan pangan roti, gula cair, sedangkan batang bisa untuk pakan ternak, bisa untuk bio etanol dengan kadar kisaran 1.500 hingga 2.000 liter perhektar. tapi karena baru awal kita lebih fokus pada pemasaran." tambah Taolin.

Taolin berharap, warga masyarakat bisa memanfaatkan lahan kosong mereka untuk bisa mengembangkan sorgum yang sudah hampir punah padahal memilik banyak kegunaan yang baru diketahui masyarakat setempat.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5195 seconds (0.1#10.140)