Saluran irigasi jebol, sawah kering

Senin, 11 Maret 2013 - 19:04 WIB
Saluran irigasi jebol, sawah kering
Saluran irigasi jebol, sawah kering
A A A
Sindonews.com - Saluran irigasi di Desa Air Satan, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura) jebol sepanjang satu meter. Akibatnya, air tak sampai mengairi sawah karena merembes ke perkebunan warga.

Warga sekitar terpaksa memperbaiki secara swadaya karena khawatir terjadi kericuhan dengan petani. Mereka juga tak ingin disangka melakukan sabotase untuk mengalirkan air irigasi ke kebun mereka.

Mengenai jebolnya saluran irigasi tersebut, Darmi (45) salah seorang petani mengatakan, sudah terjadi sejak dua pekan lalu. Upaya perbaikan telah dilakukan petani secara darurat menggunakan terpal sepanjang 10 meter.

"Airnya sudah kecil, saluran jebol lagi. Sehingga terpaksa diperbaiki sendiri. Takutnya, petani disini sewot, dikira mereka nanti, kami yang memecahkan dan ingin mengairi persawahan sendiri," jelas Darmi di lokasi, Senin (11/3/2013).

Sementara itu, Camat Muara Beliti, Musadik Nanguning mengatakan pihaknya telah memperoleh laporan jebolnya saluran irigasi di Desa Air Satan yang menyebabkan air meluap menggenangi kebun. Sehingga alirannya tidak sampai ke area persawahan dekat lokasi parit.

"Kejadian sudah disampaikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura melalui Bappeda untuk pengusulan perbaikan. Dan ini akan disampaikan dalam Musrenbang di Bappeda untuk ditindaklanjuti," kata Musadik.

Dia menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan kades melakukan pendataan sebagai upaya penangulangan agar para petani tidak kesulitan air.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5474 seconds (0.1#10.140)