Andalkan candi & pantai, Blitar pede patok PAD

Jum'at, 08 Maret 2013 - 17:33 WIB
Andalkan candi & pantai, Blitar pede patok PAD
Andalkan candi & pantai, Blitar pede patok PAD
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Blitar menargetkan angka Rp 1,1 miliar untuk pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Sebelumnya, sejumlah lokasi wisata pantai, gunung, dan sejarah (candi) terbukti mampu memasok anggaran hingga Rp756 juta.

“Itu (Rp 756 juta) target yang terpenuhi tahun 2012. Karenanya tahun 2013 ini kita tingkatkan menjadi Rp 1,130 miliar,“ ujar Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar Ismuni kepada wartawan, Jumat (8/3/2013).

Menaikkan target PAD merupakan keputusan yang masuk akal. Menurut Ismuni, target tahun 2012 yang awalnya Rp752 juta dapat terlampaui.

Disisi lain, sejumlah wisata unggulan seperti Candi Penataran di Kecamatan Nglegok, kemudian Pantai Tambak Rejo, Pantai Serang dan Pantai Jolosutro yang semuanya berada di wilayah selatan masih menjadi lokasi piknik yang diminati.
“Terutama pada hari-hari libur sekolah, jumlah pengunjung selalu meningkat. Dan sebagian besar berasal dari luar kota,“ paparnya.

Untuk mendukung tercapainya target PAD, selain itu kita juga akan menaikkan sejumlah rertibusi masuk lokasi wisata. Misalnya retribusi di kawasan wisata Olak alen, Lahor Selorejo, retribusi Rp1.000 per mobil akan naik menjadi Rp2.000.

Menyinggung soal kenaikan retribusi tempat wisata, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Abdul Munib menyayangkan. Pasalnya jumlah wisatawan terbesar justru berasal dari masyarakat Blitar sendiri.

Karenanya apapun langkah untuk menaikkan target PAD diharapkan untuk tidak menjadi beban masyarakat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8176 seconds (0.1#10.140)