Pemkab siapkan rekomendasi lokasi bandara

Jum'at, 08 Maret 2013 - 13:57 WIB
Pemkab siapkan rekomendasi lokasi bandara
Pemkab siapkan rekomendasi lokasi bandara
A A A
Sindonews.com – Pemkab Kulonprogo tengah menyiapkan rekomendasi lokasi bandara internasional pengganti Bandara Adisutjipto. Rekomendasi ini dibutuhkan Angkasa Pura I untuk melengkapi syarat pengajuan Izin Penetapan Lokasi (IPL) dari kementerian Perhubungan.

Plt Sekretaris Daerah Kulonprogo Djoko Kus Hermanto mengatakan, poin-poin rekomendasi untuk Angkasa Pura terus didiskusikan dengan Pemda DIY. Sebab, rekomendasi yang dibutuhkan tidak saja berasal dari bupati, melainkan juga dari gubernur.

Kendati demikian, Djoko memastikan untuk Kulonprogo tidak menjadi persoalan. Sebab, Kulonprogo sudah memiliki Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk kawasan bandara.

Dalam Perda No.1 tahun 2012 tentang RTRW Kulonprogo tahun 2012-2032, kawasan bandara berada di Kecamatan Temon, Galur, Lendah, dan Wates. Sedangkan masterplan Angkasa Pura dan GVK cenderung mengarah ke Temon.

“Sementara ini arahnya positif di Temon. Dan kita sedang siapkan rekomendasinya. RTRW untuk bandara juga sudah siap, jadi tidak ada persoalan. Rekomendasi kita usahakan selesai secepatnya. Tapi ini rekomendasi masterplan bukan IPL,” kata Djoko, Jumat (8/3/2013)

Dia menjelaskan, untuk sampai pada pengajuan IPL maih banyak tahapan yang harus dilalui Angkasa Pura. Di antaranya harus ada studi kelayakan operasional, studi kelayakan teknis dan lainnya. Setelah semua tahapan dipenuhi, barulah Kementerian Perhubungan mengeluarkan IPL.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6633 seconds (0.1#10.140)