Puluhan angkutan umum terjaring razia

Selasa, 05 Maret 2013 - 14:28 WIB
Puluhan angkutan umum terjaring razia
Puluhan angkutan umum terjaring razia
A A A
Sindonews.com - Untuk meminimalisir kecelakaan yang terjadi di angkutan umum, Dinas Perhubungan (Dishub) Garut menggelar razia di Jalan Raya Bandung-Garut, Kampung Kubang, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Razia terhadap kelaikan kendaraan ini, membuat puluhan angkutan umum terjaring.

Kabid Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut Bambang Rudianto mengatakan, dalam razia tersebut pihaknya masih menemukan kendaraan yang melanggar peraturan kelayakan kendaraan dan sejumlah pelanggaran administrasi lainnya.

Kebanyakan kendaraan, kata Bambang, melakukan pelanggaran rute trayek dan buku uji laik jalan yang kedaluarsa.

"Pada operasi awal tahun ini, kami menjaring puluhan kendaraan umum dan pengangkut barang yang melanggar peraturan. Banyaknya pelanggaran ini bisa menyebabkan kecelakaan," kata Bambang Selasa (5/3/2013).

Menurut Bambang, selain faktor human error, kecelakaan lalu lintas biasanya dapat disebabkan kualitas jalan, keadaan lalu lintas, dan cuaca. Sedangkan faktor teknis kendaraan dapat dilihat dari buku uji laik jalan.

"Uji teknis kendaraan tidak dapat dilakukan di pinggir jalan. Makanya buku uji laik jalan jadi salah satu rujukan untuk mengetahui kondisi teknis kendaraan," ujarnya.

Dalam operasi, jelas dia, para petugas melakukan pengecekan terhadap surat-surat kendaraannya dan kondisi fisik kendaraan secara kasat mata. Jika tidak memenuhi persyaratan, kendaraan tersebut akan dikembalikan ke pool dan dikenakan denda tindak pidana ringan.

"Setelah punya izin baru, baru diizinkan beroperasi lagi," ucapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5475 seconds (0.1#10.140)