100 Barongsai & 15 liong pawai ramaikan Bandung

Sabtu, 02 Maret 2013 - 08:00 WIB
100 Barongsai & 15 liong pawai ramaikan Bandung
100 Barongsai & 15 liong pawai ramaikan Bandung
A A A
Sindonews.com - Hari ini, beberapa titik jalan raya di Bandung akan disemarakkan dengan pawai kebudayaan penutupan tahun baru imlek atau Cap Go Meh.

Pawai ini melibatkan sekira 5.000 orang dari berbagai vihara di Indonesia. Mereka akan menampilkan beragam kesenian dan tradisi Tionghoa, termasuk 100 barongsai, 15 liong dan kesenian Sunda.

Wakil Ketua Pelaksana, Andreas Susanto menyebutkan, panjang pawai diperkirakan mencapai tujuh kilometer. Pawai akan dimulai pukul 16.00 WIB yang dibuka Walikota Bandung, Dada Rosada.

"Pawai dimulai dari Vihara Darma Cibadak Bandung, lalu mengitari sejumlah jalan sekitarnya," kata Andreas, di Vihara Darma Rhamsi, Cibadak Bandung, Sabtu (2/3/2013).

Selain barongsai dan liong, peserta pawai juga akan mengusung 70 joli yaitu tandu patung para dewa. "Cap Go Meh yang kedua ini akan lebih meriah dan makin menarik," katanya.

Menurutnya, hingga kini beberapa vihara yang sudah siap bergabung di antaranya dari Bojonegoro, Lasem, Surbaya, Jakarta, Tasikmalaya. Pawai ini juga akan diikuti bintang tamu dari Tay Che Kung Taiwan yang jumlahnya 20 orang untuk ikut pawai.

Ia menjelaskan, pawai ini menjadi agenda rutin tahunan. Pawai ini digelar untuk menunjukkan kebersamaan lewat kolaborasi budaya Tionghoa dan etnis nontionghoa.

"Kita terus berupaya mendukung kerukunan umat beragama. Kami di sini berbaur di tengah pluralisme," ujarnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4098 seconds (0.1#10.140)