Lansia penghuni panti dihapus dari layanan Jamkesmas

Jum'at, 01 Maret 2013 - 13:37 WIB
Lansia penghuni panti dihapus dari layanan Jamkesmas
Lansia penghuni panti dihapus dari layanan Jamkesmas
A A A
Sindonews.com - Pemerintah pada tahun 2013 menghentikan pemberian kartu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) bagi para penghuni panti. Pengelola panti kini kebingungan, karena ada penghuni pantai yang perlu perawatan intensif, bahkan harus cuci darah.

Kepala Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Graha Wreda Budi Darma, Yogyakarta, Sih Harto mengatakan memang tanpa memiliki Jamkesmas, lansia yang akan mengakses layanan kesehatan lanjutan menemui kendala.

“Untuk layanan dasar kesehatan, masih bisa dilakukan di Puskesmas, namun untuk pengobatan lanjutan harus di rumah sakit rujukan. Hanya saja jika tanpa Jamkesmas untuk biayanya tidak ditanggung dan ini yang sekarang menjadi masalah bagi kami,” ungkap Sih Harto di kantornya, Jumat (1/3/2013).

Sih Harto menjelaskan, saat ini dari 60 penghuni, tujuh orang yang terdiri lima perempuan dan dua laki-laki perlu mendapatkan penanganan khusus. Tujuh orang tersebut saat ini ditempatkan di ruang perawatan. Karena itu, saat ini untuk penangganan selanjutnya masih berkoordinasi dengan instansi berwenang.

“Padahal saat ini ada satu lansia yang harus melakukan cuci darah, bahkan sampai dua kali dalam seminggu. Namun saya tidak tahu tanpa Jamkesmas, apakah bisa atau tidak,” katanya.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Yogyakarta, Nanik Trisnajayanti mangatakan untuk masalah Jamkesmas bukan menjadi kewenangan Disnosnakertrans. Tetapi menjadi kewenangan pusat.

Namun begitu, bagi para penghuni panti yang akan berobat, tetap dapat dilayani, yaitu dengan membawa surat rekomendasi dari instansinya. Surat rekomendasi itu, berlaku selama satu bulan.

“Dengan surat rekomendasi ini, penghuni panti bisa mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit yang sudah berkerjasama dengan Jamkesmas,” paparnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6305 seconds (0.1#10.140)
pixels