Tana Toraja tuan rumah ekspedisi NKRI

Rabu, 27 Februari 2013 - 16:29 WIB
Tana Toraja tuan rumah ekspedisi NKRI
Tana Toraja tuan rumah ekspedisi NKRI
A A A
Sindonews.com - Untuk mengetahui sumber daya alam yang ada di koridor Sulawesi, rencananya akan dilakukan ekspedisi. Nantinya, data ekspedisi akan menjadi rujukan bagi pemerintah untuk menyejahterakan warga sekitar.

Komandan Kodim 1414 Tana Toraja, Letkol (Kav) Buang Adri Aprianus menyatakan Khusus di wilayah Kodam VII Wirabuana, salah satu lokasi pelaksanaan ekspedisi NKRI yang merupakan program bersama Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Mabes TNI dipusatkan di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Kegiatan tersebut meliputi, penjelajahan hutan gunung, penelitian geografi, sosial budaya, flora dan fauna, komunikasi sosial dan kemasyarakatan.

Peserta ekspedisi NKRI terdiri dari gabungan berbagai unsur yakni TNI/Polri, unsur pemerintah, organisasi kemasyarakatan, mahasiswa/pelajar serta media massa dan media elektronik.

“Ekspedisi NKRI koridor Sulawesi akan dilaksanakan selama empat bulan mulai 7 Maret hingga 30 Juni mendatang,” ujar Letkol Buang Adri usai memimpin upacara militer pemakaman Sertu Frans Hera di Taman Makam Pahlawan (TMP) Batu Lelleng kecamatan Rantepao kabupaten Toraja Utara, Rabu(27/2/2013).

Dandim mengatakan, tujuan dilaksanakannya program ekspedisi NKRI guna membangkitkan kesadaran teritorial, bela negara serta wawasan kebangsaan kepada seluruh peserta.

Pada eksepdisi NKRI juga akan dilakukan pendataan dan penelitian terhadap seluruh potensi sumber daya alam yang ada di sekitar masyarakat. Diharapkan, melalui kegiatan ekspedisi NKRI bisa menjadi sumber data dan informasi untuk menyusun program kesejahteraan rakyat.

“Semua hasil kegiatan ekspedisi NKRI akan dilaporkan ke pemerintah pusat dan daerah untuk ditindaklanjuti demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Letkol Buang Adri.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7975 seconds (0.1#10.140)