KPU-Pemkab ribut, Pilkada Polman terancam molor

Selasa, 26 Februari 2013 - 16:19 WIB
KPU-Pemkab ribut, Pilkada Polman terancam molor
KPU-Pemkab ribut, Pilkada Polman terancam molor
A A A
Sindonews.com - Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) terancam molor. Seharusnya tahapan Pilkada sudah harus dilaksanakan awal Maret oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polman.

"Kita belum bisa pastikan dan tentukan tahapan Pilkada karena anggarannya belum ada kejelasan dan kesepakatan dengan pemkab," kata Ketua KPU Polman, Usman Suhuria, ketika dihubungi SINDO, Selasa (26/2/2013).

Dia mengatakan, sebenarnya, untuk anggaran Pilkada Polman, KPU mengusulkan sekira Rp25 milliar lebih. Namun, yang disepakati dengan DPRD Polman berdasarkan rincian KPU sebesar Rp19,8 milliar.

Kata dia, Pemkab hanya menyiapkan anggaran Pilkada Polman sebesar Rp17 milliar di APBD pokok tahun ini. Adapun sisa kebutuhan anggaran dari yang sudah ditetapkan tersebut, Pemkab belum bisa memberikan jaminan untuk pengalokasiannya dalam APBD perubahan.

“Karena itu, bila anggaran yang sudah dirincikan sebesar Rp 19,8 milliar itu tidak disepakati, maka KPU belum bisa merumuskan tahapan Pilakda Polman kapan di mulai,” tegas Usman.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Polman, Andi Ismail, yang juga ketua tim anggaran Pemkab Polman mengatakan anggaran Pilkada sebenarnya sudah di setujui. Namun, ada bependapat antara Pemkab dan KPU terkait rincian dari KPU sebesar Rp19,8 milliar.

Ia menjelaskan, anggaran Pilkada dalam APBD Pokok disetujui sebesar Rp17 milliar.

“Sebenarnya, Pemkab siap memberikan kekurangan itu jika memang sudah dibutuhkan. Namun, KPU ngotot ada jaminan akan dimasukkan di perubahan,” tegas Andi Ismail.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4919 seconds (0.1#10.140)