Puluhan ton bahan bakar pabrik gula terbakar

Senin, 25 Februari 2013 - 19:08 WIB
Puluhan ton bahan bakar pabrik gula terbakar
Puluhan ton bahan bakar pabrik gula terbakar
A A A
Sindonews.com - Gudang penyimpanan limbah ampas tebu milik Pabrik Gula (PG) Mojopanggung PTPN XI di wilayah Desa/Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, terbakar.

Belum diketahui pasti penyebab dari kebakaran. Namun dipastikan api telah melalap habis puluhan ton tumpukan limbah tebu yang berfungsi sebagai bahan bakar ketel penggilingan.

“Sementara limbah ini disiapkan untuk penggilingan musim panen tebu pada Mei mendatang,“ tutur Ketua Sarikat Pekerja PG Modjopanggung Rudi kepada wartawan, Senin (25/2/2013).

Selain menghanguskan isi gudang seluas kurang lebih 300 meter persegi, api yang berkobar sejak Minggu malam sekira pukul 22.00 WIB itu juga merusak bangunan. Tidak ada korban jiwa dan luka dalam musibah ini.

“Kalau melihat kerusakan yang ada, sepertinya kerugian materiil ditaksir tidak besar. Sebab gudang yang terbakar ini merupakan salah satu aset PG yang nilainya tergolong kecil,“ terangnya.

Melalui kolam penampungan air, para pekerja PG berusaha memadamkan api. Sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran (damkar) didatangkan.

“Perlu waktu yang cukup lama untuk menundukkan api. Sebab sejumlah sekam ternyata menyimpan bara pada bagian bawahnya. Dan bara itu sewaktu-waktu bisa menyala. Untunglah semua berhasil dipadamkan,“ terang Mardiyanto petugas damkar Pemkab Tulungagung.

Kasatreskrim Polres Tulungagung AKP Lahuri membenarkan jika penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Karenanya aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan.

“Kita masih menyelidiki penyebab musibah ini dengan meminta keterangan saksi di lapangan,“ ujarnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5792 seconds (0.1#10.140)