Ada wakil dewa di Kota Manado

Senin, 25 Februari 2013 - 10:47 WIB
Ada wakil dewa di Kota Manado
Ada wakil dewa di Kota Manado
A A A
Sindonews.com - Prosesi Goan Siao atau perayaan Cap Go Meh disambut meriah oleh ribuan warga setempat, termasuk sejumlah turis mancanegara. Ada yang unik dalam perayaan kali ini, yakni dengan atraksi Tang Sin yang dipercaya sebagai wakil dewa oleh warga Tionghoa di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Perayaan Cap Go Meh ini diawali dengan aksi tarian kebesaran khas
Suku Bantik dan Minahasa. Perjalanan dimulai dari Klenteng Seng Bo Kiongban Hin Kiong di Jalan Kampung Cina.

Pawai tersebut diiringi kendaraan hias dan atraksi budaya tradisional Tionghoa dan Minahasa yang menceritakan simbol dewa–dewi yang menjadi kepercayaan umat Tri Dharma, seperti Dewi Kwan Im, Dewa Bulan, Dewa Keberuntungan, dan dewa-dewi lainnya.

Perayaan Cap Go Meh lebih meriah lagi setelah delapan orang Tang Sin melakukan atraksi, seperti menusuk bagian pipi dan memotong tubuh bagian belakang dengan menggunakan pedang.

Menurut kepercayaan Umat Tridharma, roh Tang Sin adalah wakil dewa yang dikirim ke bumi untuk berkorban dengan menyiksa diri untuk menebus kesalahan manusia demi kemakmuran dan kejayaan.

Menurut Hengky Wijaya umat Tridharma, prosesi Goan Siao atau perayaan Cap Go Meh ini bukan hanya atraksi Tang Sin dan pawai kendaraan hias saja.

"Atraksi Barongsai dan Liong dipercaya dapat memberikan rejeki ditahun ini," terangnya, Senin (25/2/2013).

Perayaan ini tidak hanya disaksikan warga setempat, sejumlah turis mancanegara juga ikut menyaksikan prosesi tahunan ini. Mereka sengaja datang untuk melihat perayaan yang sudah menjadi agenda wisata tahunan Pemerintah Kota Manado.

Prosesi Cap Go Meh ini, dilaksanakan pada hari ke lima belas setelah tahun baru imlek. Sebelum merayakan Cap Go Meh, sejulah sesepuh melakukan ritual-ritual khusus untuk meminta izin kepada para dewa.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.0958 seconds (0.1#10.140)