Golkar minta SBY tangani konflik Papua

Jum'at, 22 Februari 2013 - 18:34 WIB
Golkar minta SBY tangani konflik Papua
Golkar minta SBY tangani konflik Papua
A A A
Sindonews.com - Ketua Fraksi Partai Golkar, Setya Novanto mengatakan, pihaknya mendorong Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk melakukan dialog dan menyelesaikan permasalahan di Papua secara komprehensif.

"Sejarah telah membuktikan, Timor-Timur lepas dari Indonesia karena salah satu faktornya adalah tidak diperhatikannya Timor Timur. Pengalaman lalu jangan terulang, Papua harus menjadi bagian dari NKRI," ujar Novanto melalui pesan singkatnya, Jumat (22/2/2013).

Menurutnya, Jika SBY turun langsung ke lapangan, maka masyarakat Papua merasa lebih diperhatikan, sehingga dengan sendirinya hubungan emosional antara Presiden dengan rakyat Papua akan terbangun.

Jika persoalan bumi cendrawasih itu tidak segera diselesaikan dengan tepat, maka sangat dikhawatirkan akan mengancam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Fraksi Golkar, kata Novanto mendukung upaya pemerintah supaya kesejahteraan masyarakat Papua lebih diperhatikan. Diyakininya akan mengurangi aksi kekerasan yang sering terjadi di Papua.

"Akar kekerasan yang terjadi di Papua disebabkan oleh ketidakadilan dan kesejahteraan yang selama ini jauh dari rakyat Papua," pungkasnya.

Namun, pelaku kekerasan harus tetap diproses secara hukum, supaya kejadian serupa tidak lagi terjadi.
"Dengan penegakan hukum yang tegas, rakyat Papua akan merasa aman dan terlindungi dari segala bentuk teror dan kekerasan," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8330 seconds (0.1#10.140)