Sudah 8 hari Rokan Hulu terendam banjir

Jum'at, 22 Februari 2013 - 16:38 WIB
Sudah 8 hari Rokan Hulu...
Sudah 8 hari Rokan Hulu terendam banjir
A A A
Sindonews.com - Delapan hari sudah beberapa daerah di Kecamatan Bonai Darussalam, dan Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu Riau terendam banjir.

Tercatat, 7.388 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 36 desa di sembilan kecamatan menjadi korban banjir tersebut.

Kepala Pusat data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, banjir tersebut juga sudah merenggut empat orang korban meninggal.

"Di Kecamatan Kepenuhan, dua orang meninggal dunia atas nama Selvi (8 bulan), dan Rinulia Bulele (23). Bayi (Selvi) meninggal saat tidur di dalam rumahnya yang terendam banjir setinggi 50 cm, ditinggal ibunya masak di dapur. Saat ditemukan sudah terapung di rumahnya. Di Kecamatan Bonai Darussalam, meninggal M Yusuf (23), dan di Kecamatan Bangun Purba bernama Erianto (25)," jelas Sutopo dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Jumat (22/2/2013).

Berdasarkan data BNPB, sembilan kecamatan tersebut yakni;
-Kec. Rambah (5 desa dan 1 kelurahan),
-Kec. Rambah Hilir (5 desa),
-Kec. Pagaran Tapah (2 desa),
-Kec Rokan 4 Koto (2 desa),
-Kec. Kepenuhan Hulu (3 Desa),
-Kec. Kepenuhan (10 Desa),
-Kec. Bonai Darusalam (5 Desa),
-Kec. Kunto Darusalam (5 Desa),
-Kec. Bangun Purba (2 Desa).

Tercatat, sebanyak tujuh rumah juga hanyut oleh derasnya banjir tersebut. Sementara kerusakan lain yang disebutkan yakni, perumahan, fasilitas umum, perkebunan, tambak ikan, jalan rusak dan ada warga belum bisa menempati rumahnya.

"Upaya penanganan telah dilakukan oleh BPBD Rokan Hulu dengan mendirikan posko, dapur umum, posko layanan kesehatan, layanan informasi,dan tenda pengungsian," jelas Sutopo.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5321 seconds (0.1#10.140)