Peserta Jamkesmas di Sulsel menurun

Rabu, 20 Februari 2013 - 17:09 WIB
Peserta Jamkesmas di Sulsel menurun
Peserta Jamkesmas di Sulsel menurun
A A A
Sindonews.com - Dibanding athun sebelumnya, kuota kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di Provinsi SUlawesi Selatan (Sulsel) mengalami penurunan 200 ribu orang. Tahun 2012 tercatat penerima Jamkesmas sebanyak 2,5 juta orang sedangkan tahun ini hanya 2,3 juta orang.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Rachmat Lathief mengatakan, kuota Jamkesmas dikurangi dan dialihkan ke kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

"Kalau penggunaan kartu Jamkesda tidak memandang orang kaya, atau miskin, yang terpenting perlakuannya harus sesuai dengan yang tertera di kartu Jamkesda seperti pelayan kelas 3," ungkap Rachmat, usai menerima kunjungan kerja dari Anggota DPRD Riau di Kantor DPRD Sulsel, Rabu (20/2/2013).

Kalau kartu Jamkesda, kata Rachmat memang harus menggunakan rujukan berjenjang mulai dari Puskesmas baru ke rumah sakit yang ditunjuk. Jika masih membutuhkan penanganan akan dirujuk lagi ke RS regional, hingga RS tertingi yakni RS Wahidin Sudirohusodo, jika tidak bisa ditangani RS regional.

Terkait jumlah Puskesmas di Sulsel sebanyak 432, dan 32 RS pemerintah. Sedangkan RS regional, Pemprov Sulsel sudah menunjuk enam RS, yakni RS Sawerigading Palopo, RS Tenriawaru Bone, RS Andi Makkasau Pare-pare, RS St Dg Raja Bulukumba, RS Labuang Baji Makassar, dan RS Daya Makassar.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5031 seconds (0.1#10.140)