Jember adopsi Sulsel kelola hasil kelautan

Selasa, 19 Februari 2013 - 16:13 WIB
Jember adopsi Sulsel kelola hasil kelautan
Jember adopsi Sulsel kelola hasil kelautan
A A A
Sindonews.com – Sejumlah anggota DPRD Jember, Jawa timur mengaku tertarik dengan pengelolaan sejumlah produk kelautan di Sulawesi Selatan (sulsel).

Menurut Ketua Komisi B DPRD Jember anang Murwanto, pihaknya ingin melihat langsung aspek kebijakan, sektor kelautan, masyarakat pesisir serta potensi-potensi daerah di Sulsel yang bisa digali, untuk diadopsi di Jember.

“Karakter di Jember tidak jauh berbeda dengan Sulsel, sehingga salah satu yang ingin kami pelajari lebih dekat yakni pengembangan rumput laut, dan bisa transformasi perikanan dan kelautan antara Sulsel dan Jember,” jelas dia di Sulsel, Selasa (19/2/2013).

Pihaknya juga akan berencana ke Kabupaten Pangkep dan Maros, sebagaimana saran dari Ketua Komisi A Adjiep Padindang yang menerima langsung anggota Komisi A dan B tersebut.

Selain pengelolaan perikanan kelautan, pihaknya juga tertarik pada produksi perkebunan Sulsel, seperti kakao.

Anggota DPRD Sulsel lainnya Radjagoe mengatakan di Sulsel memang memiliki lima komoditi unggulan, yakni kakao, rumput laut, udang, jagung, dan padi. Namun produksi padi di Jatim masih lebih banyak di banding Sulsel.

“Jatim luas lahan padinya 1 juta hektare dengan produksi 12 juta ton per tahun, sementara Sulsel 4 juta ton per tahun,” jelas Radjagoe.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5269 seconds (0.1#10.140)