Belut Lombok Ijo, menggiurkan!

Selasa, 19 Februari 2013 - 12:32 WIB
Belut Lombok Ijo, menggiurkan!
Belut Lombok Ijo, menggiurkan!
A A A
Sindonews.com - Bagi pecinta kuliner, rasanya belum lengkap bila belum mencicipi masakan ini, Belut Lombok Ijo. Ya, makanan berbahan dasar belut ini ternyata sudah tak asing lagi di daerah Lombok, dan sangat tepat untuk menemani makan siang anda.

Belut Lombok Ijo ini ternyata merupakan masakan yang berasal dari perpaduan masakan China dan Jawa. Tak perlu repot mencari masakan ini, anda dapat menemuinya di salah satu sudut Kota Sukoharjo, Jawa Tengah, Warung Belut Lombok Ijo milik Aris Yuono.

Menurutnya, meski terlihat sederhana, Aris mengaku menu yang disajikan di warung makannya tidak kalah dengan menu restoran berbintang.

"Menu ini saya dapat secara turun temurun dari keluarga. Ini yang membuat belut lombok ijo kami sangat diminati masyarakat. Bahkan, pengunjung banyak yang ketagihan untuk kembali menyantap belut lombok ijo kami," jelas Aris, Selasa (19/2/2013).

Aris mengaku, resep keluarga ini memadukan citarasa bumbu khas China dan tradisional Jawa. Aksen rasanya gurih, asam, manis, dan pedas. Apalagi kuahnya, yang terbuat dari rempah, lanjut Aris, sangat terasa cocok dan memanjakan lidah dan tenggorokan.

Meski resep turun temurun diwariskan dari keluarga, Aris tidak keberatan untuk membaginya kepada pembaca.

"Cara membuatnya pun sangat mudah, pertama-tama belut yang telah dibersihkan di goreng hingga matang.

Selanjutnya dioseng dengan bumbu, seperti jahe, bawang putih, bawang merah, dan kunyit. Tambahkan daun kemangi, saos tiram kecap, dengan sedikit garam. Gula pasir serta minyak wijen makin menambah aroma yang menggugah selera. Bumbu ini lah yang memadukan makanan Jawa tradisional dengan masakan China," jelasnya panjang.

Menurutnya, agar lebih menambah selera makan, daging belut sebaiknya dipadu dengan irisan cabai hijau yang ditumis.

"Belut cah lombok ijo siap menggoyang lidah penggemar kuliner," senyumnya.

Ternyata, tidak perlu dalam untuk merogoh kocek anda untuk seporsi belut lombok hijau. Anda hanya cukup dipatok Rp7 ribu. Menggiurkan bukan?.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4880 seconds (0.1#10.140)