Kulonprogo gratiskan papsmear

Senin, 18 Februari 2013 - 03:00 WIB
Kulonprogo gratiskan papsmear
Kulonprogo gratiskan papsmear
A A A
Sindonews.com - Kanker leher rahim masih menempati urutan pertama penyebab kematian wanita di dunia. Untuk menekan ini, Pemkab Kulonprogo menggratiskan layanan papsmear atau pengujian medis untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan pada leher rahim wanita.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan, dengan menunjukkan kartu Jamkesda yang dimiliki, para ibu di Kulonprogo dapat mengakses layanan papsmear deteksi dini kanker leher rahim di puskesmas secara gratis.

“Deteksi dini kanker leher rahim sangat penting, dan di Kulonprogo gratis,” kata Hasto, Minggu 17 Februari 2013.

Dia menjelaskan, melalui kebijakan ini diharapkan para ibu tidak ragu untuk memeriksakan diri. Sehingga jika terkena kanker dapat dideteksi lebih dini dan dapat segera diobati.

“Kalau terlambat dideteksi, pengobatan akan lebih sulit,” katanya.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Yogyakarta GKR Hemas mengatakan, pengobatan kanker masih terkendala keterlambatan penanganan. Sebab, banyak pasien kanker yang datang ke Yayasan Kanker sudah dalam kondisi parah. “Sebelumnya mereka memilih jalur pengobatan alternatif,” katanya.

“Pengobatan alternatif itu meringankan orang yang tidak berani ke rumah sakit, tetapi justru kita mendapat pasien kanker setelah penderita itu parah. Membangun akan arti penting resiko dan deteksi dini harus terus-menerus dilakukan, selain memberikan informasi kepada masyarakat, menyadarkan pengobatan penyakit kanker secara tepat dan benar,” terangnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5526 seconds (0.1#10.140)