PDIP Jatim 'membara'

Kamis, 07 Februari 2013 - 14:14 WIB
PDIP Jatim membara
PDIP Jatim 'membara'
A A A
Sindonews.com - Aksi demonstrasi yang digelar ratusan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur (Jatim), dari tujuh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) berakhir rusuh.

Berdasarkan pantauan di lapangan, massa yang emosi merengsek masuk ke dalam kantor. Akibatnya, kaca pintu masuk kantor PDIP Jatim pecah. Bahkan, untuk meluapkan kekecewaan itu, massa mencoret-coret dinding kantor tersebut.

Aksi tersebut baru mereda setelah beberapa pengurus dari DPD PDIP Jatim bersedia menemui para pendemo. Beberapa perwakilan perserta seperti dari DPC PDIP Malang, Tulungagung, Surabaya, Lamongan, dan Kediri menggelar pertemuan tertutup di lantai dua. Rupanya massa yang di luar gedung melakukan aksi corat-coret Gedung.

Seorang koordinator aksi Zulfi Asfan mengatakan, aksi ratusan kader ini adalah bentuk ketidakpuasan terhadap kepemimpinan Sirmadji di PDIP Jatim. Aktivis Promeg ini menilai, selama priode Sirmadji, PDIP ibaratnya seperti partai sewaan.

"Sirmadji sering menurunkan rekomendasi calon kepala daerah atas dasar kepentingan partai. Tanpa didasari kesepakatan partai hanya berlandaskan kepentingan pribadi saja," kata Zulfi di Kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari, Surabaya, Kamis (7/2/2013).

Dari kebijakkan itu, berimbas sejumlah kepala daerah yang potensi diusung oleh PDIP terpaksa kandas. Ironisnya, kader PDIP justru maju di Pilkada melalui partai lain.

Selain mendesak Ketua DPD PDIP Jatim, Sirmadji turun, massa juga mendesak dua orang pengurus lainnya yakni Sekretaris DPD PDIP Jatim, Kusnadi, dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim, Suhandoyo juga turun jabatan.

Sementara itu, sejak massa PDIP mengepung kantor, Sirmadji tidak berada di tempat. Bahkan, informasi yang diperoleh, Sirmadji menghilang untuk menghindari massa tersebut.

Selain mencoret-coret dinding kantor, Massa PDIP juga melakukan aksi penggalangan tanda tangan untuk mosi tidak percaya kepada Sirmadji.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5542 seconds (0.1#10.140)