150 lembar surat suara ditemukan rusak

Selasa, 05 Februari 2013 - 18:09 WIB
150 lembar surat suara ditemukan rusak
150 lembar surat suara ditemukan rusak
A A A
Sindonews.com - Saat melakukan pelipatan, diketahui 150 lembar surat suara yang akan digunakan dalam Pilkada kota Sukabumi pada 24 Februari 2013 mendatang dalam kondisi rusak. Selain sobek, surat suara itu juga ditemukan tidak dilengkapi hologram.

Kasubag Umum dan Logistik, KPU Kota Sukabumi, Basuki, menerangkan seluruh surat suara rusak tersebut ditemukan saat dilakukannya proses pelipatan lembaran surat suara yang digelar di kantor KPUD Kota Sukabumi di Jalan Otto Iskandardinata.

“Pelipatan surat suara ini dilakukan baru untuk dua kecamatan yakni Kecamatan Cikole dan Kecamatan Warudoyong. Kegiatan pelipatan ini akan terus berlangsung hingga terpenuhinya kebutuhan surat suara di tujuh kecamatan. Namun dalam proses ini kami menemukan adanya 150 lembar surat suara yang rusak,” tegas Basuki di kantornya, Selasa (5/2/2013).

Kerusakan yang dimaksud adalah sobek pada beberapa bagian lembaran surat suara atau warna cetakan yang memudar hingga surat suara yang tidak dilengkapi hologram sebagai pengaman.

Disebutkannya, surat suara yang akan digunakan untuk pilkada ini mencapai 228.911 lembar yang dicetak oleh PT Pura Barutama Kudus, Jawa Tengah.

“Untuk surat suara yang rusak akan dilakukan penggantian agar jumlah surat suara tetap sesuai dengan kebutuhan. Dalam proses pelipatan ini kami melibatkan 23 orang. Mereka berasal dari petugas KPU dan perwakilan petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK),” beber basuki.

Ketua KPUD Kota Sukabumi Anton Rachman mengatakan surat suara yang dicetak berdasarkan pada pilkada ini jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 223.328 orang pemilih dan ditambah 2,5 persen sebagai surat suara cadangan.

“Ini baru surat suara untuk pilkada saja, sedangkan surat suara pilgub belum kami terima,” terangnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6982 seconds (0.1#10.140)