Redam flu burung, petugas tambah desinfektan

Selasa, 05 Februari 2013 - 12:11 WIB
Redam flu burung, petugas tambah desinfektan
Redam flu burung, petugas tambah desinfektan
A A A
Sindonews.com - Untuk mengantisipasi menyebarnya virus H5N1 penebab flu burung, Dinas Peternakan Sulawesi barat mendapat pasokan peralatan dan desinfektan di empat kecamatan tersebut.

Kepala Dinas Peternakan Sulawesi Barat mengungkapkan, pihaknya sudah mendistribusikan sejumlah obat-obatan dan desinfektan di Kabupaten Polewali Mandar.

"Flu burung yang menyerang empat kecamatan di Polewali Mandar memang kian meresahkan peternak," ungkapnya di POlman, Selasa (5/2/2013).

Ia mengatakan, dalam sepekan terakhir saja jumlah ayam dan itik milik peternak yang mati mendadak lebih dari 30 ribu ekor. Hal ini membuat petugas Dinas Peternakan setempat sempat kewalahan terhadap penyebaran virus yang terbilang sangat cepat.

Untuk mencegah penyebaran flu burung, Disnak Sulbar harus menambah peralatan pendukung. Tak hanya desinfektan, petugas provinsi yang dipimpin kepala dinas juga menyerahkan alat pendukung lainya dalam pencegahan flu burung yang dinilai terparah dalam dua tahun terahkir.

Selain pemberian alat dan anti desinfektan, Disnak Sulbar juga turun langsung melihat kondisi sejumlah peternak yang sempat diserang flu burung.

Hingga Selasa (5/2/2013), penyebaran virus H5N1 tercatat diempat kecamatan, yakni Kecamatan Limboro, Wonomulyo, Polewali, dan Binuang.

Selain mengancam sejumlah peternak, kasus ini melumpuhkan sentral ekonomi peternakan unggas diwilayah Polewali Mandar.

Akibat peristiwa ini peternak dipastikan merugi hingga puluhan juta rupiah. Bahkan banyak peternak untuk sementara menghentikan aktivitasnya terutama peternak ayam potong.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8260 seconds (0.1#10.140)