Flu burung serang 4 kecamatan, ribuan ayam mati

Senin, 04 Februari 2013 - 14:03 WIB
Flu burung serang 4 kecamatan, ribuan ayam mati
Flu burung serang 4 kecamatan, ribuan ayam mati
A A A
Sindonews.com - Virus flu burung saat ini kembali mewabah Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar). Virus yang saat ini ditemukan di empat kecamatan tersebut, mengakibatkan puluhan ribu ekor itik dan ayam mati mendadak.

Salah satu kandang ayam yang berkapasitas 5 ribu ayam, milik Anas di Desa Mammi, Kecamatan Binung, Polman pun tak luput dari virus tersebut. Di tempatnya, sedikitnya ada 4 ribu ekor ayam siap panen terpaksa dimusnahkan secara massal.

Dua hari sebelumnya, ditemukan ratusan ekor ayam mati mendadak dengan ciri-ciri flu burung seperti jengger dan daging berwarna hitam kecoklatan.

Untuk mencegah tidak meluasnya virus H5N1 ke wilayah lain, petugas Dinas Peternakan setempat melakukan pemusnahan secara massal.

"Langkah pemusnahan massal dinilai efektif untuk mencegah penyebaran virus flu burung yang terus mewabah cepat," jelas petugas Dinas Peternakan Kecamatan Polman, Ramli, Senin (4/2/2013).

menurutnya, selain langkah tersebut, petugas juga gencar melakukan penyemprotan dan sosialisasi tata cara pencegahan flu burung.

"Musim pancaroba seperti saat ini sangat berpotensi menimbulkan wabah flu burung dengan cepat dan meluas ke wilayah lain," paparnya.

Virus flu burung yang menyerang Polman pertama kali terjadi di Kecamatan Wonomulyo, dan Limboro beberapa waktu lalu. Dimana ratusan ekor itik mati secara mendadak diduga terjangkit flu burung.

Sementara, data petugas peternakan setempat tercatat sudah empat kecamatan yang positif terjangkit flu burung dengan jumlah unggas puluhan ribu ekor. Akibatnya, peternak merugi hingga puluhan juta rupiah. Sebab rata-rata peternak unggas harus merelakan ternaknya mati sebanyak 4 ribu hingga 10 ribu ekor.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6675 seconds (0.1#10.140)