Banjir terjang Lahat, puluhan tambak meluap

Sabtu, 02 Februari 2013 - 16:34 WIB
Banjir terjang Lahat,...
Banjir terjang Lahat, puluhan tambak meluap
A A A
Sindonews.com – Derasnya hujan yang mengguyur Kota Lahat membuat Sungai Lematang meluap dan membuat sebagian kota terendam. Tak hanya itu, puluhan tambak di Kelurahan Lahat ikut meluap dan membuat petambak merugi.

Pemilik tambak ikan, Sofyan (40) mengaku, ketinggian air mulai terasa sejak Jumat 1 Februari 2013 malam. Puluhan jaring ikan yang dipasang untuk menjaga agar ikan tidak keluar ternyata tidak mampu menahan derasnya air.

“Kita masih terus berjaga jaga di sekitar kolam. Memang lokasinya berada tepat dipinggir aliran sungai Lematang, sebab kita juga memanfaatkan air sungai sebagai perantara kolam kita,” tegasnya, Sabtu (2/2/2013).

Sementara Dani (38) pemilik tambak lainnya juga mengaku mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah lantaran peristiwa ini.

“Kita khawatir jika hujan terus turun, jaring kita tidak mampu menahannya,” katanya.

Sejauh ini memang para pemilik tambak disibukkan memasang jaring yg tinggi agar ikan tidak hanyut.

Di Kecamatan Kikim Selatan, tepatnya Desa Keban Agung, dan Pandan Arang juga mengalami nasib serupa. Luapan anak sungai Lematang, Sungai Lingshing membuat 30 hektare sawah milik warga terendam banjir.

Kondisi ini diakui Camat Kikim Selatan Saparuddin. Dirinya mendapatkan laporan jika puluhan hektare sawah tanaman padi milik warga yang baru berumur dua bulan terancam gagal panen (puso) karena terendam air.
“Untuk data lengkapnya masih kita tunggu dari Kepala Desa (Kades) setempat,” ujarnya saat dihubungi terpisah.

Pengamatan di sekitar lokasi Benteng Jembatan Lematang sendiri, hingga saat ini air masih dalam kondisi tinggi. Bahkan ombak air terlihat masih menerjang dinding tembok penahan dan pilar jembatan.

Kendati demikian, sejumlah pekerja batu dan pasir masih tetap nekat untuk bekerja meski air telah meluap disisi bantaran sungai.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7319 seconds (0.1#10.140)