Besok, Papua gelar pilkada

Senin, 28 Januari 2013 - 15:26 WIB
Besok, Papua gelar pilkada
Besok, Papua gelar pilkada
A A A
Sindonews.com - Pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil Gubernur Papua akan digelar besok, Selasa 29 Januari 2013. Masyarakat harus menyiapkan diri untuk menyalurkan suaranya kesalah satu kandidat.

Enam kandidat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang bertarung memperebutkan kursi nomor satu Papua itu diantaranya pasangan nomor urut (1) Noakh Nawipa-Johanes wob, (2) Drs Menase Robert Kambu-Blasius Adolf Pakage,(3) Lukas Enembe-Klemen Tinal, (4) Wellington Wenda-Weynand Watori,(5) Alex Hesegem-Marthen Kayoi, dan pasangan nomor urut (6) Habel Melkias Suwae-Yop Kogoya.

Sepekan pelaksanaan kampanye terbuka dan dialogis telah dilakukan enam pasangan kandidat cagub. Mereka berjanji dan menawarkan berbagai program visi misi Gubernur periode 2013-2018 kepada elemen masyarakat di berbagai Kabupaten/Kota Provinsi Papua.

Dari fakta yang ada dapat kita lihat hampir sebagian besar kandidat calon Gubernur Papua periode 2013-2018 pernah memimpin wilayah kabupaten, kota serta merupakan mantan wakil Gubernur Papua, seperti Menase Robert Kambu adalah mantan Walikota Jayapura, Lukas Enembe adalah mantan Bupati Puncak Jaya, Welington Wenda adalah masih aktif menjabat Bupati Pegunungan Bintang, Habel Melkias Suwae adalah mantan Bupati Jayapura dua periode.

Bahkan, Aleks Hesegem adalah mantan Wakil Gubernur Papua dan pasangannya Ir Marthen Kayoi sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua. Hanya calon Gubernur Noak Nawipa yang bukan kalangan birokrat karena beliau adalah seorang pendeta dan pengajar di Sekolah Tinggi Teologi (STT)-Walter Post Sentani.

Untuk dukungan enam kandidat calon Gubenrur juga beragam, empat berasal dari koalisi partai politik diantaranya pasangan MR Kambu/Blasisus Pakage (koalisi Hanura/PAN), Lukas Enembe (koalisi Demokrat/PKS), Habel Melkias Suwae/yop Kogoya (koalisi Golkar, PDIP, PDS, PKB, PPNUI serta PBB) dan Alex-Marthen (koalisi partai non kursi DPRD).
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6207 seconds (0.1#10.140)