Beras nasional surplus, Jabar benahi sistem pertanian

Senin, 28 Januari 2013 - 09:04 WIB
Beras nasional surplus, Jabar benahi sistem pertanian
Beras nasional surplus, Jabar benahi sistem pertanian
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan (Aher) mengaku siap memenuhi 20 persen target Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyatakan Indonesia harus mencapai surplus beras sebesar 10 juta ton di 2014.

Menurutnya, Jawa Barat memiliki kewajiban menyumbang 20 persen untuk memenuhi kebutuhan produksi beras nasional.

"Kita ditargetkan oleh pemerintah pusat untuk jadi lumbung beras, Presiden SBY declare dihadapan gubernur, bahwa Indonesia harus surplus beras, target 10 juta ton beras 2014. Maka 20 persen kewajiban Jabar. 20 persen penghasil padi nasional," katanya kepada wartawan di Depok, Minggu sore (27/01/2013).

Untuk mencapai target tersebut, kata Aher, pihaknya menghentikan perizinan ahli fungsi sawah, serta membangun sawah abadi, dan mentepakan lahan basah sawah yang tak bisa dibeli. Selain itu pemerintah propinsi Jawa Barat juga akan memperluas kawasan sawah di bagian selatan.

"Lalu dengan memperbaiki irigasi, dan kualitas pupuk. Pupuk harus berimbang, bibit unggul diberdayagunakan. Sebab nanti hasil produksi bisa beda," tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, ternyata Jawa Barat juga membutuhkan alat produksi pertanian untuk mempercepat pengolahan lahan. Selama ini, kata dia, banyak petani masih meminjam peralatan pertanian.

"Banyak masih pinjam traktor. Musim tanam tak serentak, panen juga, hama merajalela. Ini blank spot yang tak terselesaikan. Alat produksi traktor perlu diperbanyak," imbuhnya.

Aher mengklaim bahwa pihaknya juga akan melakukan revolusi traktor dengan menambah alat pertanian berupa traktor.

"Naikkan jumlah traktor 100 persen. Di Jawa Barat ada 6 ribu gapoktan. Masing-masing yang punya traktor aru 4 ribuan, sisanya sewa menyewa, dengan cara itu kita bagikan agar kita jadi penyumbang terbesar target beras nasional 10 juta ton," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8330 seconds (0.1#10.140)