Sungai Bengawan Solo siaga 2

Sabtu, 26 Januari 2013 - 14:07 WIB
Sungai Bengawan Solo siaga 2
Sungai Bengawan Solo siaga 2
A A A
Sindonews.com - Meski tinggi permukaan air Sungai Bengawan Solo sudah berada masuk siaga 2, warga sekitar tetap nekat menyeberangi sungai terpanjang di Jawa Tengah itu dengan perahu.

Pantauan di Stasiun Jurug, pos pemantau banjir Bengawan Solo, kondisi tinggi muka air (TMA) sudah mencapai delapan meter lebih atau masuk siaga 2.

Menurut petugas di Stasiun Jurug, Suharyanto, dibanding malam sebelumnya permukaan air Sungai Bengawan Solo sudah mengalami penurunan. Namun Sabtu (26/1/2013) pagi hingga siang, permukaan terus meningkat. Jika hujan turun dikhawatirkan air sungai meluber ke pemukiman warga.

"Bisa dibilang saat ini warga di sekitar Sungai Bengawan SOlo harus waspada," ujarnya di Stasiun Jurug, Sabtu (26/1/2013).

Karena status sungai yang seperti ini, bila ada hujan atau kiriman air dari Klaten dan Wonogiri diperkirakan akan kembali ke level siaga 3 atau merah.

"Kalau TMA menunjukkan sembilan meter, berarti terjadi back water atau aliran air mengarah kembali ke anak sungai," katanya.

Suharyanto menambahkan sejak 21 hari terakhir pintu air Waduk Gajah Mungkur sudah dibuka untuk mengurangi volume air. Sementara warga Sawahan Sangkarah, Kecamatan Pasar Kliwon tetap mekat menggunakan perahu untuk menyebrang Sungai Bengawan Solo.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6119 seconds (0.1#10.140)