Layanan klinik kesehatan Beringharjo belum optimal

Rabu, 23 Januari 2013 - 22:06 WIB
Layanan klinik kesehatan Beringharjo belum optimal
Layanan klinik kesehatan Beringharjo belum optimal
A A A
Sindonews.com - Klinik ksehatan di Pasar Beringharjo Yogyakarta dipastikan belum dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada para pedagang maupun pengunjung pasar. Terutama yang menyangkut waktu pelayanan.

Kepastian ini, setelah pos kesehatan tersebut belum memiliki tenaga medis yang permanen dan masih bergantung dengan Puskesmas terdekat. Sehingga belum bisa buka setiap hari.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Yogyakarta Suyana mengaku memang untuk sementara Klinik kesehatan ini belum dapat memberikan pelayanan secara full kepada pedagang dan pengunjung pasar. Sebab baru bisa melayani mulai Senin hingga Kamis. Selain itu untuk jam pelayanan juga siang, yaitu mulai jam 10.00 WIB hingga 13.00 WIB.

“Pelayanan ini baru tahap awal, rencananya setelah semuanya siap akan memberikan layanan selama enam hari kerja,” ungkap Suyana usai launching pos kesehatan pasar Beringharjo, Rabu (23/1/2013).

Suyana menjelaskan selain akan mendapatkan pelayanan kesehatan standar puskesmas. Warga juga dapat memanfaatkan layanan medis lainnya di klinik kesehatan ini, salah satunya pemeriksaan laboratorium. Namun untuk pelayanan laboratorium ini baru dapat dilayani tiap minggu pertama dan ketiga.

"Untuk tarif, kalau ber KTP Yogya pelayanannya gratis, yang diluar Yogya sesuai dengan tarif umum di Puskesmas, yaitu Rp5.000,” paparnya.

Namun begitu Suyana tetap mengharapkan para pedagang dan pengunjung pasar dapat memanfaatkan pos kesehatan tersebut. Apalagi pos kesehatan ini juga menjadi salah satu usaha untuk mewujudkan Pasar Sehat 2013.

“Selain di pasar Beringharjo, pada tahun ini rencananya masih akan ada dua pasar tradisional lagi yang akan dibangung klinik kesehatan, yaitu pasar Giwangan dan Prawirotaman,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Yogyakarta Tuty Setyowati menjelaskan sebelum memiliki tenaga medis permanen, untuk mendukung opersional klinik kesehatan di pasar Beringharjo akan dibantu tiga Puskesmas, yaitu Puskesmas Gondomanan, Keraton dan Ngampilan. Dimana tenaga medis nanti terdiri dari dokter, perawat, bidan, apoteker dan administrasi.

“Untuk pelayanannnya dengan sistem shif, untuk Puskesmas Gondomanan, tiap hari Selasa dan Kamis, Puskesmas Keraton tiap Senin dan Puskesmas Ngampilan tiap hari Rabu,” terangnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8505 seconds (0.1#10.140)