Banyak dosen PTS tak penuhi kualifikasi beasiswa

Rabu, 23 Januari 2013 - 14:32 WIB
Banyak dosen PTS tak penuhi kualifikasi beasiswa
Banyak dosen PTS tak penuhi kualifikasi beasiswa
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) mengimbau agar tiap PTS di Indonesia mau membantu para dosennya mempersiapkan syarat perolehan beasiswa luar negeri.

Hal ini berkaitan dengan diwajibkannya tiap dosen untuk minimal mengantongi ijazah S2.

"Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa bersekolah di luar negeri oleh para dosen tidaklah mudah. Ada saja syarat yang biasanya belum terpenuhi oleh dosen sehingga pengajuan beasiswa ditolak. Makanya kami mengimbau agar PTS yang masih memiliki dosen di bawah S2 bisa membantu memenuhi persyaratan beasiswa sekolah luar negeri," ujar Ketua Aptisi Pusat Prof Dr Edy Suandi Hamid kepada Sindo, Rabu (22/1/2013).

Edy menuturkan, salah satu bantuan yang bisa disediakan oleh PTS bagi para dosen calon penerima beasiswa sekolah luar negeri ialah kursus Bahasa Inggris.

Hal ini diperlukan mengingat persyaratan beasiswa luar negeri untuk poin toefl sebesar 550. Selain itu, perizinan pun bisa dipermudah agar semua dosen PTS bisa segera bergelar minimal S2.

"Ini juga tentu berhubungan dengan peningkatan kualitas dari PTS itu sendiri. Selain itu, memang sudah ada aturannya dan 2014 mendatang, semua dosen sudah wajib lulusan S2. Untuk itu, tidak hanya dari dosennya saja yang harus berusaha meraih gelar, dari pihak PTS juga harus membantu," ungkapnya.

Terpisah, Koordinator Kopertis Wilayah V Yogyakarta Dr Ir Bambang Supriyadi mengatakan, mengenai fasilitas beasiswa bagi dosen, tiap tahun pihaknya menawarkan pada dosen yang ingin studi lanjut, baik luar negeri maupun dalam negeri.

Semua dana beasiswa berasal dari Direktorat Perguruan Tinggi Kemendikbud RI. Tahun 2012 lalu, Dikti menganggarkan beasiswa luar negeri untul 1.000 dosen secara nasional dan 7.000 beasiswa dalam negeri.

"Siapapun dosennya boleh mengajukan untuk mendapat beasiswa ini, baik dosen PTN maupun PTS. Hanya saja kenyataannya, tidak semua beasiswa terserap. Tahun lalu, beasiswa luar negeri hanya terserap 900, sedangkan beasiswa dalam negeri terserah 6.000 saja," imbuhnya.

Melihat kesempatan yang masih besar tersebut, Bambang menuturkan, pihaknya menyarankan agar Aptisi bisa bergerak mendorong PTS dan para dosen bagaimanapun caranya.

Dia mengungkapkan, masih ada 1.500 lebih dari total 6.500-an dosen tetap PTS di DIY yang belum meraih gelar S2. Namun sebagian dari angka tersebut sedang menempuh studi lanjut.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1614 seconds (0.1#10.140)