Peduli banjir, tim relawan UGM ke Jakarta

Minggu, 20 Januari 2013 - 15:34 WIB
Peduli banjir, tim relawan UGM ke Jakarta
Peduli banjir, tim relawan UGM ke Jakarta
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 30 orang tim relawan dari Universitas Gajah Mada (UGM) dikirim ke Jakarta sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana banjir yang tengah melanda ibukota.

Tim relawan UGM tersebut terdiri dari Disaster Response Unit (DERU), unit selam, pramuka, resimen mahasiswa, Fakultas Geografi, dokter dan perawat dari Fakultas Kedokteran serta kedokteran hewan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan UGM terhadap bencana banjir yang melanda ibukota Jakarta. Dengan adanya status tanggap darurat di Jakarta, maka UGM segera mengambil langkah strategis dengan mengirimkan para relawan tersebut,” ujar Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Prof Dr Suratman MSc, di UGM, Yogyakarta, Minggu (20/1/2013).

Pemberangkatan relawan sendiri dilakukan dari kantor DERU UGM. Menurut Suratman, kegiatan yang juga melibatkan Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA).

Tim relawan UGM ini nantinya akan fokus pada pemberian bantuan berupa logistik, kemanusiaan serta kesehatan, baik kepada masyarakat maupun pada hewan ternak.

“Penekanannya pada komunitas, komunikasi dan kartografi (pemetaan),” imbuhnya.

Sementara itu, Manajer DERU UGM Slamet Widiyanto SSi MSc mengatakan, tim relawan UGM peduli banjir Jakarta tersebut akan diterjunkan selama masa tanggap darurat hingga 27 Januari 2013 mendatang. Selama di Jakarta, tim relawan UGM akan mendirikan posko UGM Peduli Jakarta yang berada di kantor Kecamatan Pademangan Jalan Budi Mulia 1 Pademangan, Jakarta Utara.

“Posko utama ada di UGM Kampus Jakarta dan bersama KAGAMA DKI kita buka posko di Kecamatan Pademangan. Tak hanya membantu secara langsung, kami juga berniat membuka posko penyaluran bantuan yang masuk ke rekening UGM Peduli Bencana,” ujar Slamet.

Ditambahkan Slamet, untuk penyaluran bantuan melalui rekening UGM Peduli Bencana, siapapun bisa mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening 137.0000.767.778 atas nama Rektor UGM di Bank Mandiri.

Sementara untuk bantuan berupa barang dapat disampaikan langsung melalui Posko Peduli Bencana DERU UGM di Bulaksumur Blok D7 Yogyakarta 55281 dan Posko Peduli Jakarta UGM Kantor Kecamatan Pademangan Jalan Budi Mulia 1 Pademangan Jakarta Utara.

Baca berita terkait Banjir Jakarta di sini
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6639 seconds (0.1#10.140)