Biasa jadi makan ternak, rumput banto ternyata berkhasiat

Jum'at, 18 Januari 2013 - 16:09 WIB
Biasa jadi makan ternak, rumput banto ternyata berkhasiat
Biasa jadi makan ternak, rumput banto ternyata berkhasiat
A A A
Sindonews.com - Rumput banto, yang biasanya menjadi sampah atau makanan ternak, ternyata bisa diberkhasiat untuk membuang racun-racun dalam tubuh.

Hal ini dimanfaatkan oleh seorang pedagang minuman tradisional khas minang, di kawasan Jalan Niaga, Pondok Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Dengan ramuan khas nenek moyangnya, bisa mengolah rumput banto menjadi minuman kesehatan yang cukup sejuk dan nikmat.

"Air rumput banto dinilai berkhasiat bisa menghilangkan racun-racun dalam tubuh, serta penyakit asma, dan sesak nafas," jelas pembuat air khasiat rumput banto, Oesman, Jumat (18/1/2013).

Menurutnya, proses pembuatannya sangat mudah. Dengan mengambil rumput banto secukupnya, dan dibersihkan. Kemudian perasan air jeruk nipis, serta campuran madu, rumput banto dipotong kecil lalu dihaluskan dengan diblender. Kemudian semua bahan tadi dicampurkan manjadi satu, dan siap untuk disajikan.

Air rumput banto ini juga bisa dikolaborasikan dengan kuning telur ayam kampung dan cincau daun hijau, yang akan menambah kesegaran minuman ketika diminum.

"Biasanya minuman dingin ini dijual mulai dari pukul 06.00 WIB, sore, hingga larut malam. Penggemar minuman ini kebanyakan anak muda yang suka beraktivitas pada malam hari," jelasnya.

Ide pengolahan rumput banto menjadi minuman berkhasiat ini didapatkan secara turun temurun oleh osman dari nenek moyangnya. Karena diyakini rumput yang biasanya dimakan oleh hewan ternak biasanya dijadikan untuk pembuang racun di dalam tubuh. Anatomi inilah yang kemudian dipelajari dan dicoba kedalam minuman.

"Untuk satu gelasnya hanya dihargai Rp4 ribu, namun jika ditambah dengan telur dijual dengan harga Rp7 ribu," jelasnya.

Selain air rumput banto, Oesman juga menjual air daun sirih, air mengkudu, air kundua batang, dan cincau rumput jepang.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7380 seconds (0.1#10.140)