Gus Ipul acungi jempol keputusan NU

Jum'at, 18 Januari 2013 - 15:19 WIB
Gus Ipul acungi jempol keputusan NU
Gus Ipul acungi jempol keputusan NU
A A A
Sindonews.com - Sikap Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) yang memilih netral dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jabar) mendapat sambutan positif dari Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Gus Ipul yang juga salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdhotul Ulama (PBNU) berpendapat, keputusan netral tersebut tentu sudah melalui musyawarah yang panjang antara kiai.

"Itu keputusan bagus NU untuk tetap netral. Artinya, NU memberikan kebebasan kepada warganya dan kepada Kader NU yang terbaik di tempatnya. Apakah sebagai Gubernur atau Wakil Gubernur," kata pejabat yang akrab disapa Gus Ipul, di kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Jumat (18/1/2013).

Yang terpenting, lanjut mantan Ketua Umum GP Ansor ini, kader NU di berbagai tempat mampu memberikan kemaslahatan umat. Siapun yang terpilih harus ikut memperjuangkan cita-cita NU tentang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi umat.

Sementara terkait sikap PKB yang menunggu nama cagub hasil rekomendasi NU, kata Gus Ipul, pihaknya telah melakukan komunikasi. Dengan sikap netral ini, NU juga menyerahkan segala keputusan di tangan partai politik terkait Pilgub Jatim 2013.

Kata Gus Ipul, meski Netral bukan berarti NU tidak peduli dengan Pilgub Jatim. Selanjutnya, NU akan memberikan garis dan catatan-catatn calon gubernur yang akan maju pilgub Jatim.

"Saya kira nanti NU akan memberikan garis dan catatan. Ada batasan untuk cagub dan cawagub," tukasnya.

Mantan Meteri Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) yang dikabarkan akan maju sebagai cagub atau cawagub hingga saat ini masih belum menyatakan sikap. Meski demikian, Gus Ipul mengaku telah bergerilya ke sejumlah Parpol di Jatim. Termasuk dalam pertemuan formal maupun informal.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2984 seconds (0.1#10.140)