Anggaran dana desa di Maros Rp15 M

Kamis, 17 Januari 2013 - 17:06 WIB
Anggaran dana desa di Maros Rp15 M
Anggaran dana desa di Maros Rp15 M
A A A
Sindonews.com - Anggaran Dana Desa (ADD) kabupaten Maros untuk tahun 2013 mencapai Rp15 miliar. Jika anggaran terserap semua, Pemerintah Kabupaten Maros berencana menambahnya untuk tahun 2014 menjadi Rp20 miliar.

Kepala Bagian Kabupaten Maros, Kamaluddin Nur Menuturkan, pembagian nilai ADD itu dibagi merata kepada 103 desa yang ada di kabupaten Maros. M
eski dianggap merata, tapi tetap ada prioritas utama. Hal itu dikarenakan banyaknya yang butuh diperbaiki akses jalannya ketimbang daerah perkotaan.

"Untuk tahun ini, diprioritaskan untuk desa yang terpencil. Hal itu dikarenakan dari segi ekonomi kesejahteraannya masih minim, dibandingkan desa yang berada di area kota," katanya, Kamis (17/1/2013).

Selain itu, akses jalan menuju desa terpencil jauh lebih besar biayanya sehingga dana operasionalnya jauh lebih besar.

Dia melanjutkan, dari Rp15 miliar 60 persennya diperuntukkan bagi pembangunan fisik meliputi, rehabilitasi pasar, perbaikan jalan, dan perbaikan kantor desa.

"Sementa 40 persen lainnya bagi belanja desa, "jelasnya.

Sementara itu, Bupati Maros Hatta Rahman menuturkan, jika dana ADD Rp15 miliar ini terserap secara keseluruhan dengan baik, maka diusahakan tahun 2014 jumlah itu akan ditingkatkan menjadi Rp20 miliar.

Hatta berharap, para Kepala Desa bisa mengatur program yang telah dibuat, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik. Termasuk pelaporan-pelaporan penggunaan ADD.

"Kalau pelaporannya selalu tepat waktu dan penggunaan anggarannya terserap dengan baik mencapai 100 persen, maka ADDnya tahun depan akan ditambah," sebutnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5028 seconds (0.1#10.140)