Dinkes Kulonprogo terapkan surveilance ili

Rabu, 16 Januari 2013 - 12:02 WIB
Dinkes Kulonprogo terapkan surveilance ili
Dinkes Kulonprogo terapkan surveilance ili
A A A
Sindonews.com - Pasca ditemukannya varian baru H5N1 clade 232 yang menyerang itik, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo langsung bersikap waspada. Sekarang Dinkes mewajibkan setiap puskesmas untuk membuat laporan surveilance ili influenza like illness setiap pekan.

"Surat edaran terkait kewajiban ini sudah kita sampaikan ke seluruh puskesmas di Kulonprogo. Tujuannya sebagai upaya meningkatkan kesiapsiagaan flu burung pada manusia," kata Kasi Pengamatan Penyakit dan Imunisasi, Dinkes Kulonprogo, Baning Rahayu Jati, Rabu (16/1/2013).

Dia mengatakan, surveilans ili influenza like illnes adalah gejala yang menyerupai influenza. Jika temuan ili gejala menyerupai influenza meningkat, maka harus diwaspadai karena dimungkinkan adanya suspect.
Melalui laporan mingguan diharapkan penanganan bisa dilakukan lebih dini.

Dia mengatakan, pada Desember 2012 tercatat 40 kasus, sedangkan pada Januari 2013 tercatat 13 kasus. Kasus ili influenza tersebut dilaporkan tiga puskesmas yakni Puskesmas Galur 1, Girimulyo 2 dan Sentolo 3.

Dia mengatakan, pihaknya mencurigai tidak adanya masyarakat yang melaporkan gejala flu yang diderita karena puskesmas umumnya melaporkan nol kasus. Dia menduga, masyarakat kemungkinan besar menganggap flu yang diderita sebagai flu biasa.

"Padahal seharusnya bisa diantisipasi kemungkinan terburuk dengan melaporkan diri ke pukesmas. Sebab, varian virus baru clade 232 ini lebih ganas. Tapi laporan puskesmas kan rata-rata nol," terangnya.

Dia menambahkan, selain penerapan surveilans ili, Dinas Kesehatan juga bersinergi dengan Dinas Peternakan untuk memantau langsung terhadap warga jika ditemukan adanya unggas mati mendadak.

"Kami terus berkoordinasi dengan instansi lain yang terkait langsung," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4906 seconds (0.1#10.140)