Saluran air di Lahat dipenuhi sampah

Selasa, 15 Januari 2013 - 23:46 WIB
Saluran air di Lahat dipenuhi sampah
Saluran air di Lahat dipenuhi sampah
A A A
Sindonews.com – Keberadaan saluran pembuangan air limbah rumah tangga atau gorong-gorong yang berada di Kota Lahat, saat ini kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan.

Tidak saja usianya yang sudah tua, banyak gorong-gorong kini sudah rusak. Akibatnya, keberadaan gorong-gorong dipenuhi sampah dan limbah. Parahnya, saat hujan turun air tidak bisa mengalir hingga menggenang dan membanjiri pemukiman warga.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kebersihan Pertamanan dan Keindahan (Kadispengsarpikot) Lahat, Irpan Ilyas mengaku telah melakukan pengecekan terhadap kondisi gorong-gorong yang ada di Kota Lahat.

“Hampir semua gorong gorong saat ini dipenuhi sampah dan dan limbah meski sudah kita bersihkan dan kita lakukan pembongkaran beberapakali. Gorong-gorong sudah banyak yang rusak sehingga sampah dan limbah sangat mudah masuk. Parahnya, saat hujan turun air tidak bisa mengalir sehingga membanjiri pemukiman warga,” kata Irpan di kantornya, Selasa (15/1/2013).

Menurut Irpan, perlu dilakukan perbaikan secara total terhadap gorong-gorong yang ada. Tak hanya itu, untuk memutus kendala klasik banjir yang terjadi harus dilakukan 'pemotongan' gorong-gorong, drainase sehingga aliran air bisa lancar. Menurutnya, ide Pemkab untuk memasang Amco (pipa) pada gorong gorong sangat tepat.

“Secepatnya dilakukan pembenahan total terhadap gorong gorong yang ada. Sehingga kendala sampah dan banjir bisa teratasi. Ide Bupati untuk melakukan pemasangan amco pada gorong gorong sangat tepat dan itu sudah terbukti di beberapa kota,” ujar Irpan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5000 seconds (0.1#10.140)