Polman jadi percontohan pendataan SIPBM

Selasa, 15 Januari 2013 - 21:51 WIB
Polman jadi percontohan pendataan SIPBM
Polman jadi percontohan pendataan SIPBM
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh beserta tiga kabupaten lainnya diwilayah itu melakukan studi banding terkait pelaksanaan Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Masyarakat (SIPBM) di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar).

Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Anas M Adam itu melakukan studi banding terkait SIPBM di Polman karena dinilai telah berhasil melakukan pengolahan data SIPBM.

"Di Polman, pelaksanaan SIPBM dinilai berhasil. Makanya, kami datang untuk belajar dan ingin mengetahui seperti apa pengolahan data SIPBM nya," ujar Kepala DInas Pendidikan Aceh, Anas M Adam, Selasa (15/1/2013).

Menurutnya, keberhasilan pendataan SIPBM di Polman berhasil karena memiliki data pendidikan. Sehingga, Pemkab Polman dengan data SIPBM yang dimiliki mampu mengelola dan menghadapi segala persoalan pendidikan yang terjadi di daerah ini.

"Dengan studi banding kami, paling tidak pemerintah di Aceh kedepan akan mampu mengelola dan memiliki data SIPBM untuk menjawab segala permaslahaan di masyarakat terkait dengan persoalan pendidikan," harap Anas.

Dalam kesempatan itu, Anas mengaku bahwa data pendidikan di Aceh, pemerintah mengalami kesulitan dalam sistem pendataan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun, pendataan pada tingkat SD, SMP maupun SMA sudah agak membaik.

Anas juga menyampaikan bahwa, sistem pendataan pendidikan yang baik dan benar sangat dibutuhkan. Sebab, nantinya hal itu akan dibutuhkan dalam penyusunan RPJMD kedepan.

Bupati Polman, Ali Baal Masdar, yang menerima rombongan pemerintah aceh menyampaikan, kegiatan SIPBM di Polman dilaksanakan sejak 2004 silam. Tujuannya, untuk menjawab permasalahan yang dihadapi di bidang pendidikan, terutama terkait data.

Pendataan SIPBM di Polman difokuskan pada penuntasan wajib belajar (Wajar) dan pendidikan dasar sembilan tahun.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2724 seconds (0.1#10.140)