UGM fasilitasi warga Amerika belajar budaya muslim

Senin, 14 Januari 2013 - 01:56 WIB
UGM fasilitasi warga Amerika belajar budaya muslim
UGM fasilitasi warga Amerika belajar budaya muslim
A A A
Sindonews.com – Pemahaman yang setengah-setengah mengenai Islam oleh warga Amerika Serikat membuat UGM, ingin memfasilitasi pembelajaran budaya Islam. Pada Mei 2013 mendatang, rencananya akan ada 24 pemuda asal Amerika Serikat yang ingin belajar tentang budaya dan kehidupan beragama penduduk muslim Indonesia.

"Mereka akan ditempatkan selama lima minggu di enam lembaga NGO (non-government organization) dan empat sekolah yang berlokasi di Yogyakarta. Diharapkan program magang ini, mampu memberikan pemahaman yang utuh bagi pemuda amerika untuk mengetahui kehidupan muslim yang secara menyeluruh," ujar Dekan Fisipol UGM Dr Erwan Agus Purwanto MSi di UGM Minggu (13/1).

Dalam program kerja magang warga negaraAmerika Serikat di Indonesia tersebut, merupakan kerjasama antara Institute of International Studies (IIS) Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM dengan America’s Unofficial Ambassador (AUA).

Program magang rencananya, akan dilaksanakan mulai Mei-Juli 2013. IIS UGM sendiri memfasilitasi sukarelawan yang akan melakukan kerja magang di empat sekolah, SMAN 1 Yogyakarta, SMAN 3 Yogyakarta, Pesantren Krapyak, dan Madrasah Mualimim Yogyakarta.

Koordinator program magang Randy Wirasta Nandyatama mengatakan, selama lima minggu mengikuti program magang, peserta bisa mendapat pengetahuan lebih mendalam mengenai kehidupan dunia musim, keragaman budaya serta dapat menularkan pengetahuan tersebut kepada warga Amerika lainnya.

"Selain mereka sendiri paham, dengan menyaksikan langsung bahkan terlibat dalam kegiatan keseharian umat muslim, mereka tentu akan lebih yakin dan memberitahu keluarga dan teman-teman mereka di Amerika tentang kehidupan muslim sebenarnya," tuturnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6002 seconds (0.1#10.140)