Awal tahun, Bupati Kulonprogo panen penghargaan

Sabtu, 12 Januari 2013 - 14:08 WIB
Awal tahun, Bupati Kulonprogo panen penghargaan
Awal tahun, Bupati Kulonprogo panen penghargaan
A A A
Sindonews.com - Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mulai unjuk gigi di awal tahun 2013. Bupati yang menjabat di tahun keduanya ini panen penghargaan. Penghargaan pertama datang dari Yayasan Damandiri, dan kedua dari Lembaga Ombudsment Swasta (LOS) DIY.

Damandiri Award diberikan atas keberhasilannya menggerakkan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) dan kelompok-kelompok wirausaha di pedesaan.

“Cara yang dilakukan dengan melipatgandakan kelompok wirausaha yang terdiri dari orang miskin dalam Kelompok Asuh keluarga Binangun (KAKB),” kata Hasto di Kulonprogo, Sabtu (12/1/2013).

Kemudian LOS Award kategori kepala daerah, diberikan dalam upaya penegakan etika usaha sektor swasta di DIY. Penilaian dilakukan LOS DIY terhadap sejauh mana pemda memberikan kendali terhadap etika dalam berusaha antara investor, penanam modal dan pengusaha di Kulonprogo.

“Kulonprogo punya komitmen yang tinggi dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) yang terkait dengan Coorporate Social responsibilty (CSR), Perda terkait dengan Penanaman Modal, juga Perda yang mengatur jarak antara pusat perbelanjaan atau waralaba dengan pasar tradisonal,” kata dia.

Selain beberapa Perda, kata Hasto, aksi nyata juga telah dilakukan di lapangan dengan mengatur penggunaan dana CSR, melaksanakan one village one sister company, perusahaan swasta dapat dekat dengan orang miskin, agar mempunyai etika.

Tidak kalah penting juga pemda memberikan contoh untuk bersih dan berwibawa dengan memberikan pelayanan kepada swasta sebaik-baiknya, tanpa pamrih apapun.

Hasto menambahkan upaya yang selama ini dilakukan bukan secara khusus untuk meraih penghargaan. “Ini hanya kebetulan saja, kami tidak pernah berorientasi untuk meraih penghargaan,” tegasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8317 seconds (0.1#10.140)