RSBI dihapus, DIY tak turunkan kualitas pendidikan

Rabu, 09 Januari 2013 - 14:43 WIB
RSBI dihapus, DIY tak turunkan kualitas pendidikan
RSBI dihapus, DIY tak turunkan kualitas pendidikan
A A A
Sindonews.com - Dihapusnya Pasal 50 Undang-undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional tentang Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), dinilai tak akan berdampak pada kualitas pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sekolah yang telah mendapat predikat RSBI, bahkan bisa diarahkan menjadi sekolah mandiri.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, pihaknya tetap menunggu rincian putusan MK terkait nasib sekolah RSBI. Menurutnya, pengahupas RSBI bukanlah masalah besar bagi DIY. Hal itu dikarenakan selama ini sistem pembelajaran yang ada terbilang sama, antara RSBI dengan sekolah regular.

"Tidak ada perbedaan, mau RSBI, SSN, atau sekolah biasa, semuanya sama, jadi saya rasa bukan suatu masalah, kami siap melaksanakan apapun keputusannya. Untuk selanjutnya, pelaksanaan akan disesuaikan dengan aturan yang ada," ujarnya saat dihubungi SINDO, Rabu (9/1/2013).

Gugatan penghapusan RSBI dengan alasan mahalnya pendidikan RSBI, menurut Aji, tak logis. Pasalnya hal itu tergantung kebijakan masing-masing RSBI di wilayah masing-masing.

Kadarmanta menyebut, biaya pendidikan RSBI di wilayah DIY tidak bisa dibilang mahal karena relatif sama dengan sekolah reguler lainnya, sehingga tidak dapat dikatakan jika terjadi komersialisasi pendidikan di DIY.
Selain itu, masalah alasan RSBI tidak menerima siswa miskin, ia menegaskan siswa miskin malah digratiskan atau membayar lebih murah jika bersekolah di RSBI.

"Dari substansi tidak ada persoalan karena RSBI dan non RSBI sudah sama kualitasnya. Masyarakat DIY tidak perlu risau dan tidak akan terjadi perubahan. Kualitas pendidikan di tiap sekolah RSBI pun tidak akan menurun. Sekolah yang ingin punya keunggulan nantinya bisa menjadi sekolah mandiri," imbuhnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6256 seconds (0.1#10.140)
pixels