Banjir rusak ratusan hektar sawah

Senin, 07 Januari 2013 - 06:00 WIB
Banjir rusak ratusan hektar sawah
Banjir rusak ratusan hektar sawah
A A A
Sindonews.com - Genangan air akibat hujan deras yang turun melanda Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengakibatkan ratusan hektare lahan pertanian milik warga rusak.

Tak pelak, petani pun harus merugi karena mereka baru saja menanam benih pada pekan lalu. Kerugian petani semakin diperparah karena sudah tidak ada lagi lahan yang tersisa untuk ditanami benih padi.
"Seluruh area persawahan di tiga kecamatan tidak ada yang tersisa akibat banjir melanda kawasan ini," jelas seorang petani Baco Daeng, di Kabupaten Takalar, Minggu 6 Januari 2013.

Maka itu, Baco berharap agar pemerintah memperhatikan kerugian yang dialami para petani setempat.

"Ya kami berharap agar kerugian yang dialami petani dapat diganti oleh pemerintah. Karena memang hanya ini satu-satunya mata pencaharian kami dan petani lain," jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah wilayah di Kabupaten Jeneponto terendam banjir. Pemicunya adalah, meluapnya Sungai Tamanroya, di Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulsel.

Banjir di daerah tersebut mencapai ketinggian hingga dua meter. Tak pelak warga mengambil langkah untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman sambil menunggu surutnya air.

Warga terlihat terjebak dengan kepungan banjir, karena rumah warga rata-rata dikelilingi Sungai Tamanroya. Selain rumah warga, banjir juga menyergap fasilitas umum seperti sekolah, dan kantor pemerintahan. Persawahan yang menjadi mata pencaharian hidup mereka pun tak luput dari sergapan banjir.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5865 seconds (0.1#10.140)