Data warga miskin, Pemkab Kulonprogo libatkan mahasiswa

Jum'at, 04 Januari 2013 - 17:47 WIB
Data warga miskin, Pemkab Kulonprogo libatkan mahasiswa
Data warga miskin, Pemkab Kulonprogo libatkan mahasiswa
A A A
Sindonews.com - Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo meminta mahasiswa yang tengah menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kulonprogo, membantu pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk mendata warga miskin. Pendataan dapat dilakukan melalui program pendampingan keluarga bagi mahasiswa KKN.

Menurut Hasto, pendataan tersebut dilakukan melalui program pendampingan keluarga bagi mahasiswa KKN. Hasto juga menyebut, data tersebut diperlukan sebagai data album kemiskinan yang selalu diperbaiki setiap tahun. Sehingga mahasiswa yang tinggal di keluarga miskin ataupun yang berisiko tinggi bisa mendata profilnya sesuai dengan 16 indikator kemiskinan. Dengan profil yang lengkap diharapkan diagnosis penyebab kemiskinan bisa ditemukan.

“Penyebab kemiskinan pada setiap keluarga kan berbeda. Walau pun saat ini pemerintah biasa memberikan treatment secara broadspectrum, semua diberikan obat yang sama,” kata Hasto, Jumat (4/1/2013).

Hasto menjelaskan, Kulonprogo siap menerima 5.000 mahasiswa KKN, karena Kulonprogo memiliki tema sentral yaitu kemiskinan yang bisa dibreakdown menjadi sub-sub tema di berbagai lini sesuai dengan fakultas di perguruan tinggi.

"Dengan Bappeda kita akan mengkonsep tema sentral itu, sehingga nanti ada sub tema dikaitkan dengan kemiskinan," katanya.

Dengan demikian, jika dimungkinkan perguruan tinggi dapat bekerja sama dengan Pemkab Kulonprogo dengan membuat MoU. Jika hal ini dilakukan selama dua tahun saja, diharapkan akan memberi manfaat. Antara lain database kemiskinan akan menjadi sangat lengkap, dan profil orang miskin bisa dipotret sepersis mungkin.

Sementara itu Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gajah mada (UGM) Heru Prasanto yang mendampingi mahasiswa KKN di Kulonprogo mengatakan, banyak sekali pengalaman didapat mahasiswa sehingga bisa memberi bekal kepada 'dokter' muda yang KKN di Kulonprogo.

Dari berbagai laporan mahasiswa, Heru menyimpulkan keberlangsungan dari program kegiatan KKN ini sangat diharapkan, karena sangat sesuai kebutuhan masyarakat, selain juga sesuai program Pemkab Kulonprogo.

"Ke depan akan dibuat langkah-langkah lanjutan supaya keberlangsungan program ini terjaga," jelas Heru.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5134 seconds (0.1#10.140)